Maulana, Jesika (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK BALADO 4x7 DI KECAMATAN PADANG BARAT KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak - Copy.pdf - Published Version Download (89kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan - Copy.pdf - Published Version Download (117kB) |
![]() |
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup - Copy - Copy.pdf - Published Version Download (100kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (132kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Usaha Ke$ripik Balado 4x7 te$lah be$rdiri se$jak tahun 1970, namun be$lum mampu me$nguasai pasar di Kota Padang akibat lokasi yang kurang strate$gis, me$ningkatnya pe$rsaingan, dan be$rbagai ke$ndala lainnya. Pe$ne$litian ini be$rtujuan untuk Me$ngide$ntifikasi faktor inte$rnal dan e$kste$rnal yang me$mpe$ngaruhi pe$nge$mbangan usaha, se$rta me$rumuskan strate$gi pe$nge$mbangan usaha Ke$ripik Balado 4x7 di Ke$camatan Padang Barat Kota Padang. Me$tode$ pe$ne$litian yang digunakan adalah studi kasus de$ngan pe$nde$katan de$skriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan me$lalui obse$rvasi se$rta wawancara de$ngan pe$milik usaha, karyawan, pe$masok, dinas Kope$rasi dan UMKM, se$rta pe$saing. Re$sponde$n pe$ne$litian be$rjumlah 10 orang yang pe$rnah me$ngonsumsi produk ini. Analisis dilakukan me$nggunakan me$tode$ IFE$, E$FE$, IE$, SWOT dan QSPM. Hasil pe$ne$litian me$nunjukkan bahwa Ke$ripik Balado 4x7 me$miliki ke$kuatan dalam me$re$k yang cukup dike$nal, te$tapi me$ngalami ke$le$mahan dalam lokasi usaha yang kurang strate$gis. Pe$luang usaha muncul dari tre$n masyarakat yang ge$mar me$mbe$li ole$h-ole$h, se$me$ntara ancaman utama be$rasal dari pe$rsaingan kompe$titor se$je$nis dan le$galitas usaha yang be$lum maksimal. Strate$gi yang dirumuskan me$liputi: (1) Me$rancang promosi te$rstruktur untuk me$ningkatkan pe$njualan, (2) Me$ningkatkan kualitas layanan de$ngan me$nambah karyawan dan me$lakukan e$valuasi kine$rja rutin, (3) Me$manfaatkan me$dia sosial dan layanan online$ se$rta me$nambah lokasi usaha yang strate$gis, (4) Me$ningkatkan le$galitas usaha de$ngan me$njaga HAKI, me$nge$lola logo, dan me$re$ncanakan modal jangka panjang pe$nde$k untuk ke$butuhan me$nde$sak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:53 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:53 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/494443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |