Komunikasi Publik Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat dalam Terciptanya Keterbukaan Informasi Publik di Instagram @pu_jalan_sumbar

Suryafma, Syifa Putri (2025) Komunikasi Publik Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat dalam Terciptanya Keterbukaan Informasi Publik di Instagram @pu_jalan_sumbar. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER - S_merged.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 -S.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 -S.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS -S .pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Full Text Skripsi - Syifa Putri Suryafma)
SKRIPSI SYIFA _ FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial tidak hanya berfungsi sebagai alat yang memudahkan interaksi antarindividu, namun juga mempunyai peran penting bagiinstansi pemerintahan dalam menyebarkan informasi secara luas.Instagram menjadi salah satu media yang dimanfaatkan Balai PelaksanaJalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat sebagai media komunikasi publikdi instansi. Kedudukan BPJN Sumbar sebagai instansi yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan infrastrukturjalan nasional dan jembatan di wilayah Sumatera Barat. Maka, penelitianini membahas mengenai komunikasi publik balai pelaksana jalan nasional(BPJN) Sumbar dalam terciptanya keterbukaan informasi publik diInstagram @pu_jalan_sumbar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengelolaan informasi publik serta menganalisis penerapankomunikasi publik di media sosial Instagram @pu_jalan_sumbar denganmenggunakan teori kekayaan media (Media Richness Theory). Penelitianini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatandeskriptif serta pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan pada hasil penelitian ini, didapatkan bahwa prosespengelolaan informasi publik yang dilakukan BPJN Sumbar dalambentuk postingan yang dimuat di Instagram dilakukan pada tiga tahapanyakni persiapan dalam memproduksi konten, pelaksanaan dalammengelola akun instagram, evaluasi terhadap kinerja yang dilakukan dandidukung dengan berbagai upaya yang dilakukan seperti beragam jenis informasi yang beragam, daya tarik visual, pemanfaatan fitur Instagramserta kejelasan bahasa yang digunakan

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Ernita Arif, SP, M.Si;Dr. M.A Dalmenda, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: BPJN Sumatera Barat, Instagran, Teori Kekayaan Media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:13
Last Modified: 16 Apr 2025 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/492994

Actions (login required)

View Item View Item