Gambaran Tingkat Pencapaian Kompetensi Keterampilan Klinis pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Nafisa, Atsila Isra (2025) Gambaran Tingkat Pencapaian Kompetensi Keterampilan Klinis pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (988kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (718kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (743kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pencapaian kompetensi merupakan tujuan akhir dari pendidikan kepaniteraan klinik. Keterampilan klinis merupakan salah satu dari tujuh area kompetensi yang terdapat dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) sebagai pemenuhan standar minimal kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang lulusan dokter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pencapaian kompetensi keterampilan klinis pada mahasiswa kepaniteraan klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional study yang melibatkan 159 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner self-assessment yang mengacu kepada SKDI tahun 2012 dengan fokus kepada keterampilan klinis level kompetensi 3 dan 4. Pengambilan sampel responden menggunakan teknik total sampling pada bagian Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Bedah, Ilmu Kesehatan Anak, Obstetri, dan Ginekologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata pencapaian tertinggi untuk semua keterampilan klinis level kompetensi 3 ditemukan pada bagian Ilmu Bedah (2,98), sedangkan untuk level kompetensi 4 ditemukan pada bagian Ilmu Kesehatan Anak (3,58). Jumlah terbanyak keterampilan klinis level kompetensi 3 yang tercapai ditemukan pada bagian Ilmu Bedah sebanyak 5 jenis keterampilan klinis (41,7%), sedangkan untuk level kompetensi 4 pada bagian Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Bedah, Obstetri, dan Ginekologi masing-masing hanya 1 jenis keterampilan klinis yang tercapai, sementara pada Ilmu Kesehatan Anak tidak ada yang mencapai standar minimal kompetensi 4 seharusnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat pencapaian mahasiswa kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas hampir mencapai level kompetensi yang diharapkan, namun hanya sedikit yang memenuhi standar tercapai sesuai dengan standar kompetensi. Hal ini menunjukkan perlunya intervensi yang terarah dan perbaikan dalam kurikulum untuk memastikan bahwa semua mahasiswa dapat sepenuhnya memenuhi standar.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. dr. Al Hafiz, Sp.THT-BKL, Subsp.FPR(K)
Uncontrolled Keywords: Kepaniteraan klinik, Kompetensi klinis, Keterampilan klinis, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Bedah, Ilmu Kesehatan Anak, Obstetri dan Ginekologi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 25 Mar 2025 06:17
Last Modified: 25 Mar 2025 06:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/491024

Actions (login required)

View Item View Item