Komunikasi Persuasif Fasilitator Mendorong Swadaya Penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) (Studi Fenomenologi BSPS Kelompok 717 2023 di Kota Padang)

Syarip, Nabilla Fauziyah (2025) Komunikasi Persuasif Fasilitator Mendorong Swadaya Penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) (Studi Fenomenologi BSPS Kelompok 717 2023 di Kota Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER 1-2_ABSTRAK_merged.pdf - Published Version

Download (713kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL NABILLA FAUZIYAH S)
SKRIPSI NABILLA FAUZIYAH S FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi persuasif merupakan kunci dalam peran Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) untuk mendorong swadaya Penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kota Padang tahun 2023. TFL menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya, resistensi penerima bantuan, serta kebutuhan untuk membangun kepercayaan dan keterlibatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman komunikasi persuasif yang dilakukan TFL dalam mendorong swadaya penerima BSPS serta menganalisis makna dari pengalaman tersebut dalam proses komunikasi yang digunakan untuk membangun partisipasi penerima bantuan. Menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme, penelitian ini memilih subjek penelitian dengan teknik snowball sampling dan mengaplikasikan Teori Fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TFL berusaha membangun hubungan personal dengan penerima bantuan dan elemen terkait, persuasi dalam mengatasi kendala ekonomi PB, serta memanfaatkan dukungan dari keluarga dan tokoh masyarakat. TFL juga berperan dalam mempersuasi dengan mengelola ekspektasi penerima bantuan terhadap hasil rumah serta mengatasi dinamika interaksi dengan tukang dalam proses swadaya. Makna dari komunikasi persuasif yang dilakukan TFL meliputi penyesuaian pendekatan dengan kondisi ekonomi penerima bantuan, optimalisasi dukungan pihak ketiga, serta pengelolaan ekspektasi terhadap hasil rumah sesuai dengan swadaya yang dikeluarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Sarmiati, M.Si Ilham Havifi, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Swadaya, Tenaga Fasilitator Lapangan, BSPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Jan 2025 09:53
Last Modified: 23 Jan 2025 09:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/487436

Actions (login required)

View Item View Item