HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH PELAYANAN UNIT RAWAT INAP DI RSU AISYIYAH PADANG TAHUN 2019

Nadra, Trisna (2019) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH PELAYANAN UNIT RAWAT INAP DI RSU AISYIYAH PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Kesimpulan)
3. Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FUUL SKRIPSI INAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, Juli 2019 Nadra Trisna, No. BP 1611216007 HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH PELAYANAN UNIT RAWAT INAP DI RSU AISYIYAH PADANG TAHUN 2019 xiii + 80 halaman, 25 tabel, 2 gambar, 9 lampiran ABSTRAK Tujuan Penelitian RSU Aisyiyah Padang telah melakukan kegiatan pemasaran rumah sakit, tetapi data menunjukkan jumlah pasien di unit rawat inap menurun dari tahun 2015-2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran berupa produk, tempat, promosi, tenaga kesehatan, proses dan bukti fisik dengan keputusan pasien memilih pelayanan unit rawat inap di RSU Aisyiyah Padang tahun 2019. Metode Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan pada November 2018 sampai dengan Mei 2019 di RSU Aisyiyah Padang. Populasi penelitian yaitu pasien rawat inap di RSU Aisyiyah Padang dan sampel sebanyak 75 responden dengan menggunakan metode Proportional sampling dan Accidental sampling. Analisis data menggunakan uji Chi-square. Hasil Hasil penelitian menunjukkan, 53,3% menyatakan memilih pelayanan unit rawat inap, 62,7% menyatakan produk baik, 45,3% menyatakan tempat baik, 48% menyatakan promosi baik, 57,3% menyatakan tenaga kesehatan baik, 56% menyatakan proses baik, 69,3% menyatakan bukti fisik baik. Terdapat hubungan signifikan antara produk (p=0,046), tempat (p=0,004), tenaga kesehatan (p=0,017), dan bukti fisik (p=0,040) dengan keputusan pasien memilih pelayanan unit rawat inap. Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara promosi (p=0,271) dan proses (p=0,069) dengan keputusan pasien memilih pelayanan unit rawat inap. Kesimpulan Keputusan pemilihan pelayanan unit rawat inap dipengaruhi oleh penilaian pasien terhadap produk, tempat, promosi, tenaga kesehatan, proses dan bukti fisik. Disarankan kepada rumah sakit untuk menata fasilitas tempat parkir kendaraan pasien atau keluarga pasien, sehingga tidak ada lagi keluhan dari pasien maupun keluarga pasien. Daftar Pustaka : 37 (2006-2018) Kata Kunci : Bauran pemasaran, Keputusan memilih pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Sri Siswati, Apt, SH, M.Kes
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Jul 2019 14:59
Last Modified: 26 Jul 2019 14:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48692

Actions (login required)

View Item View Item