Efektifitas Penggunaan Pasta Gigi Yang Mengandung Zinc terhadap Penurunan Gingival Index dan Bleeding on Probing Penderita Gingivitis pasca Scalling dan Root Planning pada Siswa MAN 2 Padang

Cahyana, Fitria (2019) Efektifitas Penggunaan Pasta Gigi Yang Mengandung Zinc terhadap Penurunan Gingival Index dan Bleeding on Probing Penderita Gingivitis pasca Scalling dan Root Planning pada Siswa MAN 2 Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Kesimpulan dan Saran)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gingivitis yang disebabkan oleh plak paling banyak dialami oleh masyarakat didunia diantaranya remaja. Kondisi oral hygiene yang buruk, gaya hidup tidak sehat dan pengaruh hormonal yang diawali saat usia remaja. Kontrol plak rutin menggunakan pasta gigi efektif mengurangi gingivitis. Berbagai agen antimikroba, antiplak, dan antigingivitis ditambahkan kedalam pasta gigi untuk mengurangi inflamasi salah satunya Zinc. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan pasta gigi yang mengandung Zinc terhadap penurunan Gingival Index dan Bleeding on Probing penderita gingivitis pasca dilakukan Scalling dan Root Planning. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental kuasi dengan pretest dan postest with control group design pada 28 orang subjek penelitian yaitu siswa MAN 2 Padang yang memenuhi kriteria inklusi. Subjek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok yang menggunakan pasta gigi mengandung zinc dan tanpa zinc sebagai kelompok kontrol. Pada kedua kelompok, dilakukan pengukuran Gingival Index dan Bleeding on Probing sebelum dan setelah penggunaan pasta gigi. Hasil uji Paired t-test Gingival Index menunjukkan perbedaan bermakna (p<0,05) dengan nilai p=0,001 untuk kedua kelompok. Nilai Bleeding on Probing juga menunjukkan perbedaan yang bermakna dengan nilai p=0,001 untuk kelompok yang menggunakan pasta gigi mengandung Zinc dan nilai p=0,033 pada kelompok kontrol. Akan tetapi, hasil Independent t-test menunjukkan tidak terdapat perbedaan bermakna (p>0,05) pada penurunan Gingival Index kedua kelompok dengan nilai p=0,710 dan Bleeding on Probing nilai p=0,224. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pasta gigi yang mengandung zinc dan tanpa zinc dapat menurunkan Gingival Index dan Bleeding on Probing pada siswa MAN 2 Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.drg.Nila Kasuma, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: bleeding on probing, gingival index, gingivitis, zinc
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 26 Jul 2019 11:41
Last Modified: 26 Jul 2019 11:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48639

Actions (login required)

View Item View Item