PENERAPAN PASAL 34 PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN NO.31 TAHUN 2023 DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING SOCIAL COMMERCE PADA UMKM PASAR AUR KUNING KOTA BUKITTINGGI

Safira, Yulia (2024) PENERAPAN PASAL 34 PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN NO.31 TAHUN 2023 DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING SOCIAL COMMERCE PADA UMKM PASAR AUR KUNING KOTA BUKITTINGGI. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang, hadirnya pasar online “social commerce” atau yang biasa juga disebut dengan perdagangan melalui sistem elektronik secara regulasi dinilai tidak seketat pasar konvensional, sehingga berdampak pada pelaku usaha UMKM di Kota Bukittinggi, khususnya pelaku usaha UMKM Pasar Aur Kuning. Dilihat dari banyaknya para pelaku usaha yang merasakan penurunan omset jual beli dan gulung tikar semenjak hadirnya platform jual beli online ini sehingga aturan mengenai perdagangan melalui sistem elektronik dinilai cukup mendesak dan harus segera diatasi dan pelaku usaha UMKM diharapkan lebih siap untuk mengimbangi kehadiran pasar online. Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja dinilai belum mampu untuk memberikan pemerataan kesempatan kepada pelaku usaha terkait peningkatan daya saing barang dan/ atau jasa hasil produksi dalam negeri. Adapun masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Pasal 34 Peraturan Menteri Perdagangan No.31 Tahun 2023 dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Social Commerce pada UMKM Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi dan (2) Bagaimana dampak dari Penerapan Pasal 34 Peraturan Menteri Perdagangan No.31 Tahun 2023 dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Social Commerce pada UMKM Pasar Aur Kuning Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris yang selanjutnya dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi Peraturan Menteri Perdagangan No.31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik telah diterapkan melalui kegiatan pelaksanakan seminar, penyuluhan secara rutin dan bertahap baik secara online maupun offline kepada para pelaku usaha. Namun, belum mampu untuk menjangkau keseluruhan pelaku usaha yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya SDM yang mampu mensosialisasikan digital marketing, rendahnya daya saing UMKM, tingkat persaingan harga yang tinggi dan kurangnya monitoring serta evaluasi terhadap pelaku usaha setelah mengikuti sosialisasi digital marketing. Dampak yang dirasakan pelaku usaha yang menggunakan social-commerce yaitu terjadinya kenaikan rata-rata omset penjualan sebesar 31% dan bagi pelaku usaha yang tidak menggunakan social commerce terjadi penurunan omset jual beli sebesar 25,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ulfanora, S.H, M.H. Upita Anggunsuri, S.H, M.H.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 12 Nov 2024 02:54
Last Modified: 12 Nov 2024 02:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/483514

Actions (login required)

View Item View Item