Fadwa Shifana, Deyola (2024) Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Administrasi Penerimaan Pihak Eksternal Dan Indeks Kepuasan Kunjungan Berbasis Web Pada BPTU HPT Padang Mengatas. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Abstrak)
cover - abstrak.pdf - Published Version Download (259kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (361kB) |
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version Download (232kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (362kB) |
|
Text (FULL TEXT)
TA - Deyola Fadwa Shifana .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
Abstract
Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) Padang Mengatas merupakan satu satunya UPT Pembibitan ternak yang dikhususkan untuk memproduksi bibit sapi potong jenis Simental dan Limosin di Indonesia. Walaupun BPTU HPT Padang Mengatas berfokus pada peternakan namun mereka juga melayani hubungan dengan pihak eksternal seperti melaksanakan dan mewadahi pihak eksternal dalam kegiatan magang, kunjugan instansi, serta bimbingan teknis. Selain itu pihak BPTU HPT Padang Mengatas juga melakukan perhitungan terhadap indeks kepuasan kunjungan yang harus diisi oleh pihak eksternal BPTU HPT Padang Mengatas. Umumnya pengisian indeks kepuasan kunjungan akan diisi ketika pihak eksternal sudah menyelesaikan kegiatannya di BPTU HPT Padang Mengatas. Selama ini semua proses administrasi dengan pihak eksternal masih menggunakan cara manual seperti pendaftaran kegiatan untuk pihak eksternal tersebut masih melalui media WhatsApp atau dikirimkan langsung ke BPTU HPT Padang Mengatas, absen dan nilai peserta magang hanya berdasarkan presentasi akhir dan keaktifan mereka yang nantinya akan ditanyakan kepada para pekerja lapangan yang sudah mereka bantu, absen tamu yang masih menggunakan buku tulis biasa, pengisian indeks kepuasan kunjungan menggunakan google form dan hanya bisa diakses satu komputer di kantor BPTU HPT Padang Mengatas saja. Hal itu dapat memakan waktu yang lama baik dalam pendaftaran maupun perekapan data dan laporannya. Oleh karena itu salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan pada proses administrasi eksternal dan indeks kepuasan masyarkat adalah dengan membangun sebuah aplikasi pengelolaan administrasi penerimaan pihak eksternal dan indeks kepuasan kunjungan. Metodologi pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, studi literatur sebagai landasan teori, kemudian untuk aplikasi metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pegawai BPTU HPT Padang Mengatas dapat terbantu sehingga penanggung jawab kegiatan administrasi eksternal dapat melakukan pendataan, pengelolaan, perekapan administrasi dengan efisien, selain itu aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan BPTU HPT Padang Mengatas dalam melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatannya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | s1 sistem informasi |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 09:42 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 09:42 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/483135 |
Actions (login required)
View Item |