Asro, Zamir Anbia (2024) PERANCANGAN VIRTUAL ASSISTANT CHATBOT UNTUK WEBSITE PASCASARJANA UNIVERSITAS ANDALAS DENGAN MEMPERHATIKAN PERSEPSI PENGGUNA. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (160kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (145kB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (34kB) |
|
Text (DAPUS)
DAPUS.pdf - Published Version Download (159kB) |
|
Text (DRAFT_TUGAS_AKHIR_ASRO_ZAMIR_ANBIA_1910933016)
Draft_Tugas_Akhir_Asro_Zamir_Anbia_1910933016.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat pesat menawarkan berbagai kemudahan dalam berbagai bidang, salah satunya pada bidang Pendidikan. Berbagai instansi Pendidikan terus berupaya mengikuti perkembangan teknologi dalam berbagai aspek, seperti pelayanan terhadap calon mahasiswa pada sebuah universitas. Pada umumnya pelayanan akademik pada sebuah Universitas masih secara konvensional seperti harus pergi ke kampus secara langsung untuk memperoleh informasi atau hanya melalui media interaksi statis seperti website. Kualitas pelayanan menjadi salah satu hal yang penting untuk dapat bersaing dengan kompetitor dan dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa. Beberapa permasalahan tersebut menjadi dasar penelitian ini untuk mengusulkan sebuah proposal yang bertujuan untuk mengembangkan virtual assistant chatbot sebagai media pelayanan akademik untuk program pascasarjana di Departemen Teknik Industri Universitas Andalas berbasis website. Menggunakan metode penelitian design thinking yang melibatkan pengguna dalam setiap tahapannya. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan kuesioner System Usability Scale diperoleh skor 77 yang tergolong kategori sangat baik. Teknologi chatbot sangat diperlukan karena selain mempermudah mahasiswa mendapatkan informasi, chatbot juga berguna sebagai sistem yang dapat meringankan pekerjaan perguruan tinggi dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan dan dapat memberikan pelayanan real time selama 24 jam. Kata Kunci: Chatbot, Kualitas Pelayanan, Dialog Flow API, Brand Awareness
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Eng Ardhian Agung Yulianto, S.Kom., M.T Dr. Eng Desto Jumeno, S.T., M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Chatbot, Kualitas Pelayanan, Dialog Flow API, Brand Awareness |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 04:49 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:49 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481267 |
Actions (login required)
View Item |