Adysti, Wiolita (2024) STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK DUO POETRI DI NAGARI TABEK KECAMATAN PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (78kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (146kB) |
|
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (76kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Adys Upload.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kopi Bubuk Duo Poetri merupakan salah satu usaha kopi yang berlokasi di Nagari Tabek, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar. Usaha ini telah berkembang selama satu tahun, namun mengalami penurunan dalam penjualan produk. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat guna meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pada Kopi Bubuk Duo Poetri, (2) merumuskan strategi pemasaran Kopi Bubuk Duo Poetri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari responden internal dan eksternal. Data primer dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan pengamatan lapangan. Informan kunci dalam penelitian ini terdiri dari pemilik usaha (1 orang), tenaga kerja (2 orang), konsumen tetap (5 orang), dan pesaing utama. Data sekunder diperoleh dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Datar. Analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan matriks IFE, EFE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian ini diperoleh Kopi Bubuk Duo Poetri memiliki faktor internal kualitas produk yang baik dan manajemen yang berpengalaman. Namun, terdapat kelemahan seperti pemanfaatan teknologi yang belum optimal. Dari sisi eksternal, terdapat peluang dari meningkatnya minat masyarakat terhadap kopi dan dukungan dari pemerintah, meskipun ada tantangan seperti persaingan yang ketat di pasar lokal. Strategi terbaik untuk Kopi Bubuk Duo Poetri adalah memanfaatkan teknologi digital untuk menjangkau konsumen lebih banyak. Strategi ini dipilih setelah mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhi perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Ir. Rahmat Syahni Z., M.S., M.Sc., Ph.D.; Rina Sari, S.P., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kopi bubuk; Pemasaran; Strategi pemasaran. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | s1 agribisnis agribisnis |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 01:29 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 01:29 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481241 |
Actions (login required)
View Item |