KOMUNIKASI PERSUASIF PENGELOLA KOPERASI TANI SOLOK RADJO DALAM MENDORONG PERTANIAN BERKELANJUTAN

Nabila Khaira, Intan (2024) KOMUNIKASI PERSUASIF PENGELOLA KOPERASI TANI SOLOK RADJO DALAM MENDORONG PERTANIAN BERKELANJUTAN. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Bab 1)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (Bab Penutup)
3. BAB AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Koperasi Tani Solok Radjo merupakan salah satu entitas yang aktif dalam mendorong pertanian berkelanjutan di wilayah Kab.Solok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pengelola koperasi tani Solok Radjo dan menganalisis perubahan cara berpikir dan bertindak petani karena komunikasi dari pengelola koperasi tani Solok Radjo. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan teori Elaborasi Likelihood untuk menjelaskan proses penerimaan persuasi hingga terbentuknya perubahan sikap oleh petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola Koperasi Tani Solok Radjo melakukan komunikasi persuasif melalui berbagai cara, seperti mengadakan diskusi kelompok, kunjungan lapangan, kolaborasi dan mengumpulkan petani setiap tiga bulan sekali untuk menjelaskan manfaat praktik pertanian secara berkelanjutan. Persiapan dan komunikasi persuasif yang terstruktur telah dilaksanakan. Namun, ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti kunjungan rutin ke lapangan yang sangat dirasakan penting bagi petani yang pasif. Sebab, melalui kunjungan tersebut membuat petani terdorong kembali bertani, terkhususnya ketika pengelola menyampaikan “Harga kopi saat ini sangat menjanjikan karena trend kopi saat sekarang, ini adalah peluang besar bagi petani”. Selain itu, penelitian menemukan adanya perubahan sikap petani yang semakin mendukung adopsi praktik-praktik pertanian. Perubahan ini diberikan karena adanya komunikasi berupa informasi-informasi yang dilakukan pengelola kepada petani pada saat edukasi dan pendampingan. Beberapa mulai menggunakan pupuk organik setelah diberikan penjelasan mengenai dampak positifnya. Namun, perubahan ini belum terlaksana secara konsisten dan belum menimbulkan perubahan yang signifikan di kalangan petani secara keseluruhan. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Pengelola Koperasi, Koperasi Solok Radjo, Pertanian Berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: SARMIATI
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Pengelola Koperasi, Koperasi Solok Radjo, Pertanian Berkelanjutan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S2 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:33
Last Modified: 31 Oct 2024 03:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/480923

Actions (login required)

View Item View Item