HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 SOLOK TAHUN AJARAN 2024/2025

Zikro, Muhammad (2024) HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 SOLOK TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Belajar adalah suatu proses usaha untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang menyebabkan perubahan tingkah laku. Manusia membutuhkan konsentrasi yang memadai agar dapat belajar dengan baik. Untuk meningkatkan konsentrasi belajar salah satunya bisa dilakukan dengan sarapan. Sarapan adalah makanan pertama yang dimakan pada waktu pagi hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan sarapan dengan konsentrasi belajar pada pelajar SMAN 3 Solok. Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif yang menggunakan pendekatan cross-sectional dengan melibatkan 100 pelajar dari SMAN 3 Solok, yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang mengukur frekuensi dan jenis sarapan, serta konsentrasi belajar yang diukur melalui Grid Concentration Test. Data kemudian diproses dengan aplikasi SPSS serta disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa gambaran karakteristik pelajar SMAN 3 Solok yang terbanyak adalah 16 tahun, perempuan, pekerjaan ayah wiraswasta, pekerjaan ibu adalah ibu rumah tangga, pendidikan ayah SMA, serta pendidikan ibu SMA. Mayoritas pelajar mempunyai kebiasaan sarapan yang baik dan konsentrasi belajar yang kurang. Hasil analisis dengan menggunakan metode chi-square menunjukkan bahwa p-value berada pada angka 0,384 (p > 0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan dan konsentrasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: dr. Lili Irawati, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: belajar, konsentrasi, sarapan, pelajar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:39
Last Modified: 31 Oct 2024 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/480906

Actions (login required)

View Item View Item