JARINGAN SOSIAL PEDAGANG PAKAIAN MUSLIMAH DI PASAR AUR KUNING BUKITTINGGI

Vania, Ayunda Devara (2024) JARINGAN SOSIAL PEDAGANG PAKAIAN MUSLIMAH DI PASAR AUR KUNING BUKITTINGGI. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover.pdf - Published Version

Download (737kB)
[img] Text (Bab 1)
2. Skripsi BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB IV)
3. Skripsi BAB IV.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Draft Version

Download (143kB)
[img] Text (Full)
5. Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pasar Aur Kuning merupakan pasar grosir terbesar kedua di Indonesia setelah Pasar Tanah Abang di Jakarta. Pasar ini berada di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatra Barat. Pasar ini menjual berbagai jenis barang, salah satu barang yang mendominasi adalah pakaian terutama pakaian muslimah. Persaingan antar pedagang muncul akibat kesamaan jenis barang yang dijual dalam satu lokasi. Hal ini yang terjadi pada pedagang pakaian muslimah di Pasar Aur Kuning Bukittinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan jaringan sosial sebagai strategi dalam kelancaran dan keberlangsungan usaha para pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana jaringan sosial yang dibentuk oleh pedagang pakaian muslimah di Pasar Aur Kuning Bukittinggi melalui hubungan sosial, keterlekatan, serta kepercayaan yang terjalin antara pedagang dengan pembeli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (depth interview) dan observasi non-partisipan dengan penentuan informan berdasarkan purposive sampling. Informan penelitian ini adalah pedagang pakaian muslimah dan pembeli di Pasar Aur Kuning Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan teori jaringan yang dikemukakan oleh Mark Granovetter dalam menjelaskan jaringan sosial yang terbentuk melalui hubungan sosial, keterlekatan serta kepercayaan yang terjalin antara pedagang pakaian muslimah dan pembeli di Pasar Aur Kuning Bukittinggi. Hasil dari penelitian ini adalah jaringan sosial terbentuk melalui hubungan sosial yang terjalin diantara pedagang pakaian muslimah dan pembeli di Pasar Aur Kuning Bukittinggi yaitu hubungan kesamaan wilayah tempat tinggal, hubungan keluarga, hubungan pertemanan, hubungan bisnis dan hubungan sosial dalam kegiatan sosial bersama. Hasil penelitian ini juga ditemukan bentuk keterlekatan yang terjalin diantara pedagang pakaian muslimah dan pembeli di Pasar Aur Kuning Bukittinggi yaitu keterlekatan relasional dan keterlekatan struktural. Pada hasil penelitian ini juga ditemukan bentuk kepercayaan yang terjalin diantara pedagang pakaian muslimah dan pembeli di Pasar Aur Kuning Bukittinggi yaitu kepercayaan askriptif dan kepercayaan prosesual.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Prof. Dr. Afrizal, MA Dra. Mira Elfina, M.Si
Uncontrolled Keywords: Jaringan Sosial, Keterlekatan, Kepercayaan, Pedagang, Pembeli
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:09
Last Modified: 30 Oct 2024 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/480824

Actions (login required)

View Item View Item