Fenty, Maharani Putri (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM HAL PT.KARISMA SEJAHTERA PERKASA SELAKU PENGEMBANG MENGALAMI KREDIT MACET. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_compressed.pdf - Published Version Download (511kB) |
|
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan)_compressed.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_compressed.pdf - Published Version Download (134kB) |
|
Text (bab akhir)
BAB Akhir (Penutup)_compressed_compressed.pdf - Published Version Download (94kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
FENTY MAHARANI PUTRI_2010112115_SKRIPSI FULL_compressed.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Meningkatnya perkembangan pembangunan perumahan menimbulkan lahirnya cara-cara praktis dan cepat untuk menjual perumahan dengan berbagai sistem penjualan serta menimbulkan kompleksitas permasalahan didalam masyarakat, sehingga memerlukan adanya perlindungan hukum terkhusus terhadap konsumen. PT. Karisma Sejahtera Perkasa sebagai pengembang Perumahan Karisma Residence Limau Manih menggunakan 2 (dua) sistem penjualan sekaligus yaitu melalui KPR dan secara langsung kepada pengembang. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen dalam hal PT. Karisma Sejahtera Perkasa selaku pengembang mengalami kredit macet? 2) Bagaimana upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen terhadap PT. Karisma Sejahtera Perkasa yang mengalami kredit macet untuk memenuhi hak konsumen menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999?. Pendekatan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yang bersifat Yuridis Empiris. Sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat Deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam hal PT. Karisma Sejahtera Perkasa selaku pengembang mengalami kredit macet ialah perlindungan hukum preventif berupa pembuatan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Selanjutnya, perlindungan hukum represif berupa perlindungan hukum akhir yakni tidak terpenuhinya hak konsumen dan tidak terlaksananya prestasi sesuai yang tertera pada PPJB rumah oleh PT. Karisma Sejahtera Perkasa, maka konsumen berhak meminta ganti kerugian sesuai Pasal 19 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 mengenai tanggungjawab pelaku usaha. 2) Upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen terhadap PT. Karisma Sejahtera Perkasa yang mengalami kredit macet untuk memenuhi hak konsumen jika ditinjau menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 ialah melalui penyelesaian sengketa di luar Pengadilan (non litigasi) berupa penyelesaian sengketa dengan jalan damai dan penyelesaian sengketa melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), serta penyelesaian sengketa melalui Pengadilan (litigasi) berupa pengajuan gugatan. Kata Kunci: Jual Beli Rumah, Perlindungan Hukum, PPJB, Wanprestasi, Kredit Macet
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Misnar Syam, S.H., M.Hum., Andalusia, S.H., M.H. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 04:44 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 04:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/479564 |
Actions (login required)
View Item |