Arief, Akhriyandi (2019) Upaya Perlindungan Konsumen Yang Dilakukan Oleh Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover)
COVER DEPAN-dikonversi.pdf - Published Version Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I Arief-dikonversi (1).pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V arief-dikonversi (2).pdf - Published Version Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Arief-dikonversi.pdf - Published Version Download (46kB) | Preview |
|
Text (Full TA Arief Akhriyandi)
Full Ta Arief.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sebelum adanya perlindungan konsumen banyak permasalahan-permasalahan yang di peroleh saat transaksi yang dilakukan oleh produsen dan konsumen dimana peraturan dan juga perlindungan belum ditetapkan. Dengan melihat permasalahan seperti inilah dibuatnya peraturan dan juga perlindungan yang akan melindungi kedua belah pihak ketika mendapatkan masalah, agar mendapatkan transaksi yang adil, sehat, dan berkualitas. Indonesia sebagai Negara yang berkembang dan industrinya baru mulai tahap pemula, untuk itu perlindungan hukum bagi konsumen belum berkembang dan berkualitas dibanding Negara-negara maju. Perlindungan konsumen merupakan bagian terpenting dalam sebuah kegiatan bisnis dimana produsen dan konsumen membuat kesepakatan untuk mendapakatkan kesepakatan kedua belah pihak.Dalam kegiatan dunia bisnis yang baik dan sehat terdapat keseimbangan antara konsumen dan produsen. Jika tidak adanya perlindungan konsumen maka akan berdampak buruk bagi konsumen karna lemahnya peran konsumen dalam sebuah transaksi, terlebih jika produk yang dihasilkan oleh produsen merupakan jenis produk yang langka, maka produsen akan menyalahgunakan posisinya untuk memonopoli produknya. 2 Konsumen juga dituntut untuk menjadi bijak dalam membeli agar tidak terjadinya hal hal yang membuat konsumen rugi, konsumen juga harus memperhatikan produk yang ingin mereka beli karna akan berdampak buruk bagi konsumen seperti kerugian materi maupun kerugian dalam kesehatan konsumen, untuk itu harus ada penengah antara konsumen dan produsen agar dapat mencapai kesepakatan yang sehat. Dalam keadaan seperti ini maka perlu adanyaperlindungan konsumen agar memiliki hukum dan harus di patuhi oleh peraturan yang ada. Dalam keadaan ini perlu ada peran pemerintah dalam mengatur dan melindungi kedua belah pihak terutama pihak yang sering mengalami kerugian, agar adanya tempat untuk mengadu apabila salah satu pihak merasa dirugikan, dalam hal ini peran penengah antara produsen dan konsumen, yang memiliki peran yang adil dan tidak memberatkan salah satu pihak. Perlindungan yang diberikan untuk mendapatkan jalan keluar apabila mendapat masalah yang merugikan antara kedua belah pihak, untuk itu perlu adanya hukum yang harus dipatuhi ketika transaksi yang dilakukan oleh produsen dan konsumen, selain itu peran pemerintah dalam perlindungan konsumen miliki badan atau instansi yang khusus melayani perlindungan konsumen agar terjaganya transaksi yang adil dan sehat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Verinita, SE, M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran |
Depositing User: | d3 kesekretariatan ekonomi |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 11:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 11:13 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47849 |
Actions (login required)
View Item |