STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK SABUN PADAT DARI MINYAK ATSIRI SERAI WANGI

Dita Maria, Putri (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK SABUN PADAT DARI MINYAK ATSIRI SERAI WANGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak Dita.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 DITA.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 DITA.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DITA.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI_DITAMARIA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan harga minyak serai wangi yang rendah dan fluktuatif sehingga muncul terobosan untuk menciptakan sabun padat dari minyak atsiri serai wangi, akan tetapi sebagai produk baru angka penjualan dan minat beli konsumen terhadap sabun padat dari minyak atsiri serai wangi yang masih sangat rendah menjadi permasalahan sehingga perlunya strategi yang tepat dalam pengembangan produk ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi yang tepat dalam pengembangan sabun padat dari minyak atsiri serai wangi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner dan wawancara, kuesinoer disebar kepada responden dan wawancara dilakukan dengan para teknisi dan ahli. Penelitian ini menggunakan 4 metode diantaranya : metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mengidentifikasi keinginan konsumen terhadap produk, metode Bussines Model Canva (BMC) untuk memetakan model bisnis dari sabun padat minyak atsiri serai wangi, metode Hayami untuk analisis nilai tambah dan yang terakhir analisis SWOT untuk penentukan strategi yang tepat yang akan dilakukan dalam pengembangan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan prioritas atribut yang paling dibutuh oleh konsumen untuk diperbaiki adalah harga produk yang lebih murah, dan dalam mewujudkan hal tersebut prioritas strategi yang harus dilakukan untuk pengembangan sabun padat dari minyak atsiri serai wangi adalah mengutamakan perbaikan internal usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azrifirwan, S.TP, M.Eng
Uncontrolled Keywords: QFD, BMC, Hayami, SWOT, Strategi pengembangan Produk.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: teknik industri pertanian
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:32
Last Modified: 22 Aug 2024 06:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/477949

Actions (login required)

View Item View Item