STRATEGI PEMASARAN VANILI BEANS PADA USAHA JERIGUD FARM DI NAGARI GADUT KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM

Adelia, Febiola (2024) STRATEGI PEMASARAN VANILI BEANS PADA USAHA JERIGUD FARM DI NAGARI GADUT KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada vanili beans Usaha Jerigud Farm, bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal di usaha vanili beans Jerigud Farm dan merumuskan strategi pemasaran vanili beans di usaha Jerigud Farm. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan metode studi kasus. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan matriks IFE, EFE, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai matriks IFE yaitu 2,238 dan nilai matrik EFE yaitu 3,061. Alternatif strategi yang dihasilkan pada analisis SWOT adalah sebagai berikut: (1) Memperluas pasar produk dengan branding produk pada pihak-pihak pengguna vanili dalam negeri seperti industri makanan, usaha bakery, dan usaha kosmetik melalui pemanfaatan media sosial dan jasa pengiriman yang tersedia, (2) Mempekerjakan tenaga ahli khusus mengelola bagian pemasaran, (3) Melakukan pengurusan dan kerjasama terkait standar kualitas perdagangan internasional, (4) Membangun kerjasama dengan instansi pemerintah untuk mendapatkan dukungan dari berbagai aspek, (5) Meningkatkan promosi vanili beans Jerigud Farm dengan menaikan nama Jerigud Farm sebagai wisata edukasi sekaligus pelatihan untuk masyarakat yang tertarik dan ingin mempelajari vanili, (6) Menciptakan segmentasi baru dengan memasarkan produk pada swalayan dan toko-toko bahan kue sekitar. Hasil analisis QSPM diperoleh nilai STAS 6,598 artinya ini merupakan strategi prioritas utama yang dapat diimplementasikan pada usaha vanili beans Jerigud Farm. Strategi tersebut yaitu memperluas pasar produk dengan branding produk pada pihak-pihak pengguna vanili dalam negeri seperti industri makanan, usaha bakery, dan usaha kosmetik melalui pemanfaatan media sosial dan jasa pengiriman yang tersedia. Kata Kunci: analisis SWOT, analisis QSPM, matriks IFE dan EFE, Vanili

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Syahyana Raesi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: analisis SWOT, analisis QSPM, matriks IFE dan EFE, Vanili
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:12
Last Modified: 22 Aug 2024 02:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/477794

Actions (login required)

View Item View Item