Aulia, Difa Diyaul (2024) Analisis Kinerja Putaran Balik (Studi Kasus: Putaran Balik Pasar Baru Jalan Moh. Hatta Kota Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version Download (968kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (850kB) |
|
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (746kB) |
|
Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Prasarana ruang jalan yang belum memadai untuk menampung jumlah kepadatan kendaraan pribadi mengakibatkan keterhambatan lalu lintas sehingga menimbulkan kemacetan yang terlihat di ruang-ruang jalan Kota Padang salah satunya yaitu jalan Moh. Hatta. Karena pada ruas jalan Moh. Hatta tepatnya jalan Pasar Baru Kecamatan Pauh, Kota Padang kemacetan sering terjadi pada jam-jam sibuk. Kendaraan yang melintas di jalan Moh.Hatta memerulukan gerakan putar balik pada bukaan median yang dibuat sebagai kebutuhan khusus. Sebab putar balik merupakan salah satu cara pemecahan dalam manajemen lalu lintas jalan arteri kota yang berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan. Penelitian ini hanya difokuskan pada putaran balik pada ruas jalan Moh.Hatta, tepatnya di Pasar Baru Kota Padang. Oleh karena itu, pada penelitian ini perlu dilakukan analisis kinerja putaran balik pada jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja putaran balik terhadap lalu lintas mengingat banyaknya kendaraan yang akan melakukan putaran balik pada lokasi tersebut sehingga terjadi nya perlambatan yang dapat menganggu kelancaran lalu lintas pada ruas jalan Moh.Hatta. Pengambilan data volume lalu lintas, volume putar balik, waktu tunggu, waktu tempuh dan waktu putar balik dengan perekaman video di lapangan ditinjau pada jam sibuk pagi (07.00-09.00), jam sibuk siang (12.00-14.00) WIB dengan interval 15 menit. Pada penelitian ini dihasilkan analisis kinerja putaran balik yaitu panjang antrian tertinggi yaitu 673,2 m, dengan waktu tunggu 10,78 detik pada kendaraan sedang (KS), waktu putar balik 29,08 detik pada kendaraan sedang (KS), waktu tempuh rata-rata 18,68 detik pada kendaraan sedang (KS) dan kecepatan tempuh rata-rata 27,43 detik pada sepeda motor (SM). Kinerja jalan volume lalu lintas dari arah barat-timur sebelum putaran balik dengan nilai derajat kejenuhan 0,79, maka indeks tingkat pelayanan dalam kategori D. Dengan derajat kejenuhan sebelum putaran balik dan setelah putaran balik Pvalue < α=0,05 dimana keputusan H0 ditolak yang artinya derajat kejenuhan sebelum putaran balik dan setelah putaran balik mengalami perbedaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Ir. Titi Kurniati, M.T |
Uncontrolled Keywords: | Kendaraan; Kinerja Putaran Balik; Lalu Lintas; Volume Kendaraan. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 08:25 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/477469 |
Actions (login required)
View Item |