Alchair, Muhammad Shabri (2024) Analisis Pemilihan Moda Transportasi Mahasiswa Universitas Andalas Kampus Limau Manis Menggunakan Teknik Stated Preference. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover & Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (199kB) |
|
Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (163kB) |
|
Text (Bab V (Kesimpulan))
Bab Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version Download (201kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Transportasi menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun, terutama di Sumatera Barat khususnya di kota Padang maka terjadi pula peningkatan kebutuhan masyarakat akan transportasi. Terutama mahasiswa yang berada pada Universitas Andalas Kampus Limau Manis, Kota Padang. Dari tahun ke tahun selalu terjadinya peningkatan mahasiswa, maka dari itu untuk meminimalisir terjadinya kemacetan pada lingkungan kampus pemerintah menyediakan layanan Bus Rapid Transit (BRT) dan bisa menjadi alternatif moda selain sepeda motor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pemilihan moda serta mengetahui probabilitas dan model utilitas dalam pemilihan moda transportasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil tabulasi silang menggunakan program SPSS didapatkan hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan pemilihan moda, jenis kelamin dengan frekuensi pengguna moda serta hubungan antara pemilihan moda dengan alasan penggunaan moda dengan nilai chi hitung > chi tabel dan Asym.sig < 0,05 yang artinya Ho ditolak. Sedangkan hubungan antara pemilihan moda dengan pengeluaran rata-rata responden tidak terdapat hubungan yang signifikan karena nilai chi hitung < chi tabel dan Asym.sig >0,05 yaitu 0,500 yang dapat diartikan Ho diterima. Dari perhitungan menggunakan regresi linear berganda yang bertujuan melihat respon pilihan pelaku perjalanan terhadap perubahan atribut biaya trans padang (∆x1), waktu tempuh trans padang (∆x2) dan waktu tunggu trans padang (∆x3). Didapatkan model utilitas sebagai berikut: Y = 3.5251 -0.0004 X1 -0.2068 X2 -0.1433 X3.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Yosritzal, S.T>, M.T., Ph.D. |
Uncontrolled Keywords: | Transpotasi, Pemilihan Moda, Trans Padang, Sepeda Motor, Model Utilitas |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 04:34 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:50 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476958 |
Actions (login required)
View Item |