Pengaruh Storytelling Isi Piringku terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa-Siswi SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi Tahun 2024

Maulana, Andama Rizky (2024) Pengaruh Storytelling Isi Piringku terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa-Siswi SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi Tahun 2024. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI_ANDAMA RIZKY MAULANA_2011211024_UNIVERSITAS ANDALAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kurangnya sosialisasi mengenai gizi seimbang isi piringku merupakan faktor utama rendahnya pengetahuan dan sikap siswa-siswi yang menjadi permasalahan gizi di SD Negeri 04 Birugo. Cara menurunkan angka masalah gizi pada anak usia sekolah dengan meningkatkan pengetahuan dan sikap menggunakan metode storytelling. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh storytelling mengenai isi piringku terhadap pengetahuan dan sikap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment pre-test post-test with control group design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi dari 05 Maret - 22 Juli 2024. Sampel penelitian berjumlah 20 responden setiap kelompok dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney. Hasil dari penelitian menunjukkan terjadi peningkatan skor rata-rata pengetahuan (0,0001), dan sikap (0,0001) mengenai gizi seimbang isi piringku pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Terdapat perbedaan rata-rata skor pengetahuan dan sikap (0,0001) mengenai gizi seimbang isi piringku anatara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Pemberian penyuluhan kesehatan gizi seimbang isi piringku menggunakan metode storytelling berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap. Diharapkan kepala sekolah dan institusi kesehatan dapat mempertimbangkan penggunaan metode storytelling dilaksanakan secara berkelanjutan dalam memberikan informasi-informasi kesehatan khususnya isi piringku secara intensif kepada siswa-siswi seluruh tingkatan kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Melisa Yenti, S.KM., M.KM Ayulia Fardila Sari, ZA, S.KM., M.PH
Uncontrolled Keywords: Storytelling; Isi Piringku; Gizi Seimbang
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:51
Last Modified: 29 Oct 2024 01:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475660

Actions (login required)

View Item View Item