Reci, Aprillina (2024) Analisis Peran Perusahaan Inti dalam Pemasaran Ayam Pedaging (Broiler) pada Peternak Plasma Pola Kemitraan di Kota Padang (Kasus Pada Perusahaan Inti PT. X). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (493kB) |
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (221kB) |
|
Text (BAB V (Kesimpulan dan Saran))
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (297kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Full Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menilai peran perusahaan inti sebagai penjamin pasar dalam pelaksanaan pola kemitraan ayam pedaging. (2) Mengetahui kepuasan peternak plasma terhadap peran perusahaan inti, khususnya tentang peran inti sebagai penjamin pasar. Penelitian dilakukan di Kota Padang dengan menggunakan metode survey. Ada 13 peternak plasma sebagai pemberi data. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, kemudian dilanjutkan dengan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur kepuasan plasma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran PT. X dalam pemasaran sebagai penjamin pasar sudah terlaksana sebanyak 83,3% dan yang belum terlaksana sebesar 16,6%. Peran yang belum terlaksana yaitu: (1) keterlibatan peternak dalam penetapan harga dan isi kontrak. (2) pendapatan yang didapatkan tidak seluruhnya dalam bentuk uang melainkan 1% diberikan dalam bentuk voucher. Berdasarkan analisis IPA, ditemukan bahwa ada indikator dengan tingkat kepentingan tinggi namun kinerjanya rendah, yaitu: (1) Kebijakan yang diambil dalam kemitraan mempertimbangkan kebutuhan peternak plasma. (2) Kepedulian inti terhadap keberhasilan dan kesejahteraan usaha peternakan ayam pedaging peternak plasma; (3) Konsistensi inti dalam pengisian kandang, dan (4) Peran inti dalam menjamin kualitas DOC (Day Old Chick) sehingga memiliki tingkat kematian yang rendah. Berdasarkan analisis Indeks Kepuasan Konsumen (CSI), diperoleh skor sebesar 82%, yang termasuk dalam kategori sangat puas. Namun masih ada beberapa faktor yang perlu mendapatkan perubahan sebagai prioritas utama dalam perbaikan kinerja yang harus dilakukan oleh inti guna meningkatkan nilai kepuasan terhadap atribut yang dianggap penting dalam kemitraan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof.Dr.Ir.Asdi Agustar,M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Kemitraan, Pemasaran, Peran Inti, Tingkat Kepuasan |
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions: | Fakultas Peternakan |
Depositing User: | S1 peternakan peternakan |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:38 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/473478 |
Actions (login required)
View Item |