Efektivitas Edukasi Gizi Menggunakan Media Video dan Buku Saku Terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Anemia Zat Besi pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Taram

Aini, Yasri Muradhatul (2024) Efektivitas Edukasi Gizi Menggunakan Media Video dan Buku Saku Terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Anemia Zat Besi pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Taram. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. cover+abstrak.pdf - Updated Version

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. bab 1.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (BAB 6 PENUTUP)
3. bab akhir.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Full Text)
1_removed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Anemia merupakan masalah terbesar dan tersulit diatasi diseluruh dunia. Prevalensi anemia ibu hamil di Indonesia tahun 2018 sebesar 48,9%. Salah satu penyebab anemia pada ibu hamil yaitu kurangnya asupan zat besi selama hamil. Edukasi gizi dapat mendukung ibu hamil dalam menerapkan upaya pencegahan anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian edukasi gizi menggunakan media video, buku saku dan tidak diberikan media terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang anemia defisiensi zat besi pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Taram. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan studi quasy eksperimental melalui desain pre-post test with control group. Media yang digunakan adalah video dan buku saku. Penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga Februari di wilayah kerja Puskesmas Taram. Sampel berjumlah 57 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Paired Sampel t-Test, Uji Wilcoxon, Uji Anova dan Uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap skor rata-rata pengetahuan dan sikap ibu hamil sebelum dan sesudah edukasi gizi pada kelompok video, buku saku dan kontrol (p<0,05). Hasil uji Gain Score menunjukkan bahwa gain score pada media buku saku lebih besar dari media video ataupun tidak diberi perlakuan yang berarti dalam penelitian ini media buku saku lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu hamil. Pemberian edukasi menggunakan media buku saku lebih efektif dibandingkan dengan media video ataupun tidak diberikan media dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu hamil. Diharapkan ibu hamil dapat meningkatkan frekuensi bacaan agar informasi dapat diterima lebih optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Helmizar, S.K.M., M.Biomed.; Dr. Idral Purnakarya, S.K.M., M.K.M.
Uncontrolled Keywords: Video; Buku saku; Pengetahuan; Sikap; Anemia; Ibu Hamil.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Gizi
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:15
Last Modified: 31 Oct 2024 03:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/472624

Actions (login required)

View Item View Item