Alnuttaqin, Suddana (2019) Perubahan Perilaku Pedagang Pasca Revitalisasi Blok III Pasar Raya Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (581kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV penutup)
BAB IV (PENUTUP).pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (329kB) | Preview |
|
Text (Full Text Skripsi)
FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pasar Raya Padang adalah pasar tradisional terbesar yang menjadi pusat perdagangan utama di Kota Padang. Pasar ini berlokasi di Kampung Jao (atau Kampung Jawa), Kecamatan Padang Barat. Pemerintah kota Padang merenovasi bangunan dan lingkungannya agar tertata rapi dan merekolasi sebagian pedagangnya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perubahan perilaku pedagang dalam melayani pembeli,dan menaikan omset, mendeskripsikan perubahan perilaku pedagang dalam menyikapi masalah kebersihan lapak pasca revitalisasi. Teori yang dipakai didalam penelitian ini yaitu teori Behavioral Sociology, yang Behavioral Sociology dibangun dalam rangka menerapkan prinsip psikologi perilaku kedalam sosiologi. Teori ini memusatkan perhatiannya kepada hubungan antara akibat dari tingkah laku yang terjadi di dalam lingkungan aktor dengan tingkah laku aktor. Ini berarti bahwa teori ini berusaha menerangkan tingkah laku yang terjadi di masa sekarang melalui kemungkinan akibatnya yang terjadi di masa yang akan datang. Yang menarik perhatian adalah hubungan historis antara akibat tingkah laku yang terjadi dalam lingkungan yang terjadi di masa sekarang Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian ini berusaha menggambarkan dan menjelaskan secara rinci mengenai perubahan perilaku pedagang pasca Revitalisasi Blok III Pasar Raya Padang. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi serta wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan fisik pasar yang semakin bagus seperti adanya zonasi pedagang, lantai pasar yang sudah memakai keramik, wc yang semakin bagus, tempat sholat yang semakin bagus, luas lapak pedagang, kebersihan dan keamanan pasar. Perubahan pasar membawa perubahan perilaku pedagang baik dalam melayani pembeli seperti jam pergi dan pulang berdagang, strategi melayani pembeli dan cara menaikan omset pedagang pedagang. Perubahan fisik yang semakin bagus dan tertata membuat perilaku pedagang semakin tertib dan bersih. Banyak cara pedagang dalam membuang sampah seperti membuang sampah ke tong sampah, memasukanya ke karung, dan meletakkan disamping kedai agar tidak bersertakan. Revitalisasi pasar mempengaruhi hubungan antara pedagang sebelum direvitalisasi yang semakin jauh dikarena adanya jarak antara pedagang lama. Kata kunci: Perubahan, Perilaku, Revitalisasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Drs. Ardi Abbas, MT |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 16:27 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 16:27 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47207 |
Actions (login required)
View Item |