Chan, Naufal ‘Azmii (2024) Difusi Inovasi Pelayanan Publik pada Inovasi Pelayanan Samsat Car Free Day oleh Kantor Bersama SAMSAT Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (551kB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (51kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Meningkatnya jumlah kendaraan di Sumatera Barat tentunya berpengaruh pada potensi penerimaan pajak kendaraan bermotor. Pajak kendaraan bermotor sebagai salah satu sumber pendapatan daerah yang memberikan kontribusi cukup besar bagi pendapatan daerah Provinsi Sumatera Barat. Kota Padang menjadi daerah dengan peringkat tertinggi jumlah kendaraan di Sumatera Barat. Hal tersebut menjadi tanggung jawab SAMSAT Padang dalam menyediakan layanan yang prima agar masyarakat dapat membayarkan pajak kendaraannya dengan mudah. Inovasi Samsat Car Free Day menjadi sebuah layanan yang diciptakan SAMSAT Padang agar masyarakat dapat membayarkan pajak kendaraannya di luar hari kerja yaitu hari Minggu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan difusi inovasi pelayanan publik pada inovasi pelayanan Samsat Car Free Day oleh Kantor Bersama SAMSAT Padang. Penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi dari Everett M. Rogers dengan empat variabel, yaitu inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu, dan sistem sosial. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan pengelompokkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini mejelaskan bahwa difusi inovasi Samsat Car Free Day oleh SAMSAT Padang sudah berjalan dengan cukup baik. Inovasi Samsat Car Free Day merupakan layanan yang membantu masyarakat wajib pajak yang terkendala membayarkan pajak kendaraannya pada hari kerja. Media massa dan saluran komunikasi interpersonal telah digunakan dalam proses difusi inovasi. Namun, kegiatan sosialisasi tidak dilakukan secara berkala, serta terdapat kekurangan dalam hal papan informasi yang menunjukkan layanan tersebut di Kantor SAMSAT Padang. Maka dari itu, informasi yang disampaikan tidak sepenuhnya sampai kepada masyarakat. Jangka waktu dari Samsat Car Free Day diluncurkan pada tahun 2022 hingga tahun 2024, masyarat wajib pajak yang melakukan pelayanan pada layanan tersebut masih fluktuatif hingga saat penelitian ini dibuat. Sistem sosial dalam inovasi Samsat Car Free Day hanya melibatkan instansi yang tergabung di dalam UPTD SAMSAT Padang dengan target masyarakat wajib pajak di Kota Padang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Desna Aromatica, M.AP Malse Yulivestra, S.Sos., M.AP |
Uncontrolled Keywords: | Difusi Inovasi; Inovasi; Samsat Car Free Day |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | S1 Administrasi Public |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 03:26 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/471072 |
Actions (login required)
View Item |