Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Pada Usaha Roti Happy Bakery Padang

Adzkia, Putri Henrisya (2024) Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Pada Usaha Roti Happy Bakery Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Laporan Tugas Akhir Full Text)
Laporan Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu cara agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain adalah dengan menerapkan manajemen kinerja yang bagus di perusahaan tersebut. Banyak UKM yang sudah beroperasi dan memproduksi roti di Sumatera Barat, salah satu perusahaan roti yang beroperasi di Sumatera Barat adalah produksi roti usaha Happy Bakery. Manajemen kinerja pada Usaha Roti Happy Bakery belum terstruktur dengan baik. Salah satunya manajemen kinerja terhadap kinerja karyawan di Usaha Roti Happy Bakery. Penelitian kali ini bertujuan untuk melakukan pengukuran manajemen kinerja pada Usaha Roti Happy Bakery menggunakan metode Human Resource Scorecard dengan mempertimbangkan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Pengukuran kinerja dilakukan menggunakan data yang diperoleh dari hasil observasi langsung, kuisioner, dan wawancara secara langsung dengan pihak Usaha Roti Happy Bakery. Pengukuran kinerja pada Usaha Roti Happy Bakery dimulai dengan mengidentifikasi Key Performance Indicator (KPI) berdasarkan empat perspektif dari metode Human Resource Scorecard. Kemudian dilakukan validasi sesuai kebutuhan Usaha Roti Happy Bakery. Lalu melakukan pembobotan KPI menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Selanjutnya dilakukan tahapan pengukuran dengan menggunakan metode Objektif Matriks (OMAX). Setelah dilakukan pengukuran kinerja perusahaan, maka tahapan selanjutnya adalah memberikan usulan perbaikan kinerja pada Usaha Roti Happy Bakery. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 14 KPI yang digunakan untuk pengukuran kinerja yaitu peningkatan pendapatan perusahaan, efisiensi biaya tenaga kerja, peningkatan laba, kecepatan dalam pelayanan, peningkatan tanggung jawab karyawan, peningkatan loyalitas karyawan, persentase tingkat kehadiran karyawan, pembuatan standar rekrutmen, penimgkatan K3, persentase karyawan yang sering telat, persentase karyawan yang tidak masuk, peningkatan kesejahteraan karyawan, peningkatan bonus, peningkatan produktivitas karyawan. Secara keseluruhan kinerja Usaha Roti Happy Bakery memiliki nilai 5,280. Artinya Usaha Roti Happy Bakery memiliki kinerja yang cukup baik atau mendekati target.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna, M.T
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kinerja; Human Resource Scorecard; KPI; AHP
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:51
Last Modified: 04 Jun 2024 04:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/468743

Actions (login required)

View Item View Item