EFEKTIVITAS UJIAN REMEDIAL DALAM MENINGKATKAN KELULUSAN BLOK MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS ANDALAS BERDASARKAN NILAI MULTIPLE CHOICE QUESTIONS

Ulfa, Cicilia Dwinanda (2024) EFEKTIVITAS UJIAN REMEDIAL DALAM MENINGKATKAN KELULUSAN BLOK MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS ANDALAS BERDASARKAN NILAI MULTIPLE CHOICE QUESTIONS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 27 May 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Ujian remedial dalam pendidikan kedokteran adalah suatu metode untuk memperbaiki nilai sumatif seperti nilai Multiple Choice Questions (MCQ) blok mahasiswa yang di bawah standar. Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu efektivitas ujian remedial dalam meningkatkan kelulusan blok mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Andalas berdasarkan nilai Multiple Choice Questions (MCQ). Penelitian ini analitis observasional menggunakan total sampling dengan besar sampel 249 orang mahasiswa tahun pertama angkatan 2022. Data akademik mahasiswa didapatkan dari Bagian Program Studi Pendidikan Dokter FK Unand. Selanjutnya data dikumpulkan dengan program komputerisasi lalu dianalisis menggunakan uji-t berpasangan kemudian ditampilkan dalam tabel distribusi frekuensi dan tabel interpretasi uji-t berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari keenam blok yang diteliti, peserta remedial terbanyak didapat pada blok 1.2 (212 orang). Nilai rata-rata MCQ remedial tertinggi mahasiswa yaitu pada blok 1.1 (65,4). Sedangkan nilai rata-rata MCQ remedial terendah didapat pada blok 1.4 (44,5). Persentase kenaikan nilai tertinggi MCQ remedial yaitu pada blok 1.1 (93,1%). Hasil analisis uji-t berpasangan menunjukkan perbandingan nilai Sebelum remedial dan MCQ remedial blok 1.1 signifikan (p-value<0,001) dan tidak signifikan pada blok lainnya (p-value>0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu ujian remedial MCQ tidak dapat secara efektif meningkatkan kelulusan blok mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Andalas angkatan 2022 Tahun Akademik 2022/2023. Evaluasi dan eksplorasi faktor yang mempengaruhi performa ujian mahasiswa dibutuhkan untuk menentukan penyebab kegagalan mahasiswa dalam ujian MCQ blok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Yulistini, M.Med.Ed
Uncontrolled Keywords: Kelulusan blok, multiple choice questions, ujian remedial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 May 2024 00:57
Last Modified: 27 May 2024 00:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467391

Actions (login required)

View Item View Item