HUBUNGAN JALUR MASUK DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Zurriyati, Hanifa (2019) HUBUNGAN JALUR MASUK DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

HUBUNGAN JALUR MASUK DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS Oleh Zurriyati Hanifa ABSTRAK Motivasi belajar sangat diperlukan dalam menjalankan proses pendidikan di perguruan tinggi karena pendidikan di perguruan tinggi menuntut kemandirian dan kedisiplinan serta setiap kegiatan pembelajaran harus berdasarkan keinginan dari individu itu sendiri. Jalur masuk perguruan tinggi yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jalur masuk dan motivasi belajar pada mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional dan menggunakan uji chi square. Populasi penelitian adalah mahasiswa kedokteran FK UNAND. Sample penelitian adalah mahasiswa angkatan 2016,2017 dan 2018 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yaitu sebanyak 277 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode proportional random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner MSLQ untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa dan teknik dokumentasi untuk data jalur masuk mahasiswa angkatan tahun 2016, 2017 dan 2018. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, sebagian besar mahasiswa memiliki motivasi belajar sedang yaitu sebanyak 253 (91,3%) orang dan hasil uji chi square hubungan jalur masuk dan motivasi belajar mahasiswa didapatkan nilai p =0,631. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara jalur masuk dan motivasi belajar pada mahasiswa kedokteran. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kata kunci : Motivasi belajar, Jalur masuk PTN, SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Yulistini, M.Med.Ed
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 15 Jul 2019 16:20
Last Modified: 15 Jul 2019 16:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46616

Actions (login required)

View Item View Item