Annisa, Puti Kusnadi (2019) MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI DURASI PENGGUNAAN GADGET. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 PENUTUP.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI DURASI PENGGUNAAN GADGET Annisa Puti Kusnadi, Meria Susanti, Lala S Sembiring Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas ichaputi@yahoo.com ABSTRAK Saat ini, siswa sekolah dasar telah banyak yang menggunakan gadget dengan durasi yang berbeda. Hal tersebut ternyata dapat menunjukkan perbedaan dalam motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar pada siswa sekolah dasar ditinjau dari durasi penggunaan gadget dan gambaran motivasi belajar pada siswa sekolah dasar ditinjau dari durasi penggunaan gadget. Metode penelitian yang digunakan adalah komparasi t-test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar yang diadaptasi dari Simanjuntak (2016) berdasarkan teori motivasi belajar Cherniss dan Goleman (2001). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 344 siswa sekolah dasar dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara motivasi belajar siswa sekolah dasar ditinjau dari durasi penggunaan gadget (t=17,53 dengan p<0,05, p=0,00). Nilai mean siswa dengan durasi penggunaan gadget ≤ dua jam dalam sehari (jarang menggunakan gadget) adalah 194,69 dan nilai mean siswa dengan durasi penggunaan gadget > dua jam dalam sehari (sering menggunakan gadget) adalah 156,36. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Durasi Penggunaan Gadget THE LEARNING MOTIVATION ON ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS OBSERVED FROM THE DURATION OF USING GADGET Annisa Puti Kusnadi, Meria Susanti, Lala S Sembiring Psychology Study Program Faculty of Medicine Andalas University ichaputi@yahoo.com ABSTRACT Nowadays, many elementary school students use gadget with the various duration. It can show the differences in student’s learning motivation. The aim of this study is to obtain the differences and a description of learning motivation on elementary school students observed from the duration of using gadget. This research used comparative t-test method. The data was collected by using learning motivation scale adapted from Simanjuntak (2016) which is arranged based on learning motivation theory Cherniss and Goleman (2001). The subjects in this study amounted to 344 elementary school students using simple random sampling techniques. Based on the result, it is found that there are significant differences between learning motivation on elementary school students observed from the duration of using gadget (t=17,53 with p<0,05, p=0,00). The mean value of students with the duration of using gadget ≤ two hours in a day (seldom using gadget) is 194,69 and the mean value of students with the duration of using gadget > two hours in a day (often using gadget) is 156,36. Keywords: Learning Motivation, Elementary School Students, The Duration of Using Gadget
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Meria Susanti, M.Psi., Psikolog |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 12:12 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 12:12 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46369 |
Actions (login required)
View Item |