Analisis Hasil Uji Tahap Bersama I Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 2021- 2022

Najla, Nabila (2023) Analisis Hasil Uji Tahap Bersama I Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun 2021- 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penilaian formatif merupakan salah satu jenis penilaian yang bertujuan untuk mengubah pola pikir mahasiswa. Salah satu metode yang dapat digunakan pada penilaian formatif adalah Uji Tahap Bersama (UTB). Uji Tahap Bersama diselenggarakan tiga tahap yaitu UTB I, UTB II, dan UTB III. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh karakteristik mahasiswa seperti jenis kelamin, jalur masuk, dan tahun masuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil UTB I pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) menurut jenis kelamin, jalur masuk, dan tahun masuk. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross- sectional. Sampel penelitian berjumlah 711 hasil UTB I tahun 2021-2022 mahasiswa preklinik FK Unand yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah data sekunder hasil UTB I tahun 2021-2022 pada mahasiswa FK Unand. Data dianalisis dengan uji t independen dan One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan median jawaban benar pada UTB I kurang dari 50%. Tidak terdapat perbedaan bermakna rerata nilai UTB I laki-laki dengan perempuan. Terdapat perbedaan rerata nilai UTB I antara mahasiswa SNMPTN dengan jalur kemampuan akademik dan jalur khusus dan mahasiswa SBMPTN dengan mahasiswa jalur kemampuan akademik dan jalur khusus. Berdasarkan tahun masuk, terdapat perbedaan rerata nilai UTB I pada mahasiswa 2018 dengan 2019 dan 2020 serta mahasiswa 2019 dengan 2020. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penguasaan mahasiswa mengenai materi yang diujikan masih rendah. Terdapat hubungan antara jalur masuk dan tahun masuk dengan hasil UTB I pada mahasiswa FK Unand, tetapi tidak dengan jenis kelamin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Yulistini, M.Med.Ed
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kedokteran, penilaian formatif, uji tahap bersama
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:37
Last Modified: 12 Jan 2024 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461234

Actions (login required)

View Item View Item