Azizul, Hakim (2023) Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan mengenai Hidrasi dengan Status Hidrasi Anak Sekolah. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version Download (198kB) |
|
Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (52kB) |
|
Text (Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version Download (102kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (141kB) |
|
Text (Fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Hidrasi merupakan permasalahan yang masih banyak ditemukan pada anak sekolah. Sebagian besar anak masih mengalami dehidrasi yang berdampak pada performa di sekolah. Keadaan dehidrasi dapat menyebabkan tubuh mudah lelah, pusing, dan penurunan konsentrasi. Dampak tersebut dapat mempengaruhi prestasi anak di sekolah. Beberapa faktor dapat mempengaruhi hal tersebut seperti akses air minum, lingkungan, ataupun perilaku anak. Pengetahuan, sikap, dan tindakan anak mengenai hidrasi merupakan masalah internal yang perlu diobservasi lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan tindakan mengenai hidrasi dengan statatus hidrasi anak sekolah. Penelitian dilaksanakan di SMP Alam Ar-Royyan menggunakan pendekatan analitik observasional dengan desain studi cross sectional. Responden yang mengikuti penelitian ini sebanyak 78 anak terdiri dari kelas VII – IX. Teknik yang digunakan dalam perhitungan sampel adalah proportionated stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengetahuan, sikap, dan tindakan adalah dengan kuesioner dan status hidrasi dengan dipstik urin. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Models-Partial Least Square). Metode ini dipilih karena memudahkan dalam melihat hubungan indikator dengan variabel laten yang akan digunakan. Hasil penelitian mendapatkan bahwa mayoritas responden mengalami dehidrasi ringan-sedang. Hal ini diikuti oleh pengetahuan dan sikap sebagian besar responden mendapat kategori baik, sedangkan sebagian besar responden mendapat tindakan kategori cukup. Hasil uji bootstrapping mendapatkan pengetahuan dan sikap mendapat p value >0,05 dan tindakan mendapat p value ≤0,05. Berdasarkan temuan yang didapatkan, peneliti menyimpulkan bahwa hanya tindakan yang berhubungan dengan status hidrasi. Hasil ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap yang baik belum menjamin membentuk tindakan yang baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Abdiana, SKM,M.Epid |
Uncontrolled Keywords: | Hidrasi, perilaku, sekolah fullday |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 06:51 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 06:51 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461137 |
Actions (login required)
View Item |