Firhan, Husamad (2024) Pengembangan Kemasan Produk Dodol Kentang Khas Kerinci dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (272kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (328kB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (98kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (185kB) |
|
Text (Tugas Akhir Fulltext)
Tugas Akhir Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kerinci memiliki banyak potensi terutama berkaitan dengan pengembangan sektor pariwisatanya. Karena hal tersebut banyak wisatawan yang datang ke Kerinci untuk berwisata. Seperti yang kita tahu bahwa setiap kota yang ada di Indonesia pasti mempunyai jajanan khasnya masing-masing. Salah satunya produk yang berasal dari Kabupaten Kerinci yaitu Dodol Kentang. Dodol Kentang adalah makanan atau cemilan khas Kabupaten Kerinci yang merupakan pusat penghasil tanaman kentang di Provinsi Jambi. Hasil kuesioner dari 138 responden didapatkan nilai teringgi sebesar 37,7% bahwa kemasan produk Dodol Kentang perlu untuk dikembangkan. Dodol Kentang dari tahun ketahun tidak ada perubahan dari sisi kemasannya. Sehingga kita perlu melakukan perubahan agar produk Dodol Kentang ini dapat berkembang dan semakin banyak peminatnya dari luar daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain kemasan produk Dodol Kentang khas Kerinci. Dengan melakukan pengembangan kemasan produk Dodol Kentang berdasarkan preferensi konsumen diharapkan minat pelanggan akan semakin meningkat begitu pula dengan penjualan yang semakin tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Stage Gate yang efektif dalam membuat, mengembangkan, hingga meluncurkan sebuah produk dan dapat mengakomodasi semua kebutuhan dan keinginan konsumen serta mengurangi risiko kegagalan dalam pengembangan produk. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kriteria yang didapatkan berdasarkan yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen yaitu Desain kemasan, Informasi produk jelas, Bentuk dodol, Rasa, dan Harga terjangkau. Rancangan akhir produk Dodol Kentang terdiri dari desain kemasan berupa box yang ada sekat pembatasnya, bentuk dodol disesuaikan dengan bentuk sekat kemasan yaitu persegi, varian rasa yang dipilih yaitu matcha dan redvelvet. Lalu, desain luar kemasan dibuat semenarik mungkin dan menampilkan ciri khas Kerinci serta kelengkapan perizinan usaha dan informasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Eng Lusi Susanti |
Uncontrolled Keywords: | Preferensi, Pengembangan, Dodol Kentang, Stage Gate, Kemasan |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 04:55 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 04:56 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460830 |
Actions (login required)
View Item |