Annisya, Syafwita Utami (2018) PROSEDUR PENAGIHAN KLAIM BPJS KESEHATAN PADA SEMEN PADANG HOSPITAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER (2).pdf - Updated Version Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan) (2).pdf - Published Version Download (336kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5)
BAB Akhir (1).pdf - Published Version Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (2).pdf - Published Version Download (208kB) | Preview |
|
Text (skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh (3).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Menurut WHO (World Health Organization), Rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Rumah sakit juga merupakan pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dan pusat penelitian medik. Sejak tanggal 1 Januari 2015, Semen Padang Hospital bergabung dengan BPJS Kesehatan, guna memberikan pelayanan yang lebih maksimal. Akan tetapi akhir-akhir ini banyak rumah sakit yang menghadapi keterlambatan pembayaran klaim dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Keterlambatan tersebut membuat rumah sakit terpaksa menalangi biaya untuk kebutuhan medis hingga dicairkan oleh pemerintah. Perusahaan obat-obatan juga enggan memasok obat jika biaya tidak disalurkan segera. Keterlambatan pembayaran klaim tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu keuangan rumah sakit. Bahkan kondisi ini berpotensi membuat mutu pelayanan menurun di tengah upaya pemerintah mendorong peningkatan pelayanan kesehatan. Prosedur penagihan klaim adalah langkah-langkah yang dilakukan perusahaan untuk dapat menagihkan hak perusahaan yang sudah jatuh tempo dalam rangka untuk menunjang kemampuan perusahaan dalam hal mencari keuntungan. Di Semen Padang Hospital, penagihan klaim BPJS Kesehatan merupakan bagian yang cukup besar dari aktiva lancar dimana hal ini akan berpengaruh terhadap pendapatan dan arus kas rumah sakit, sedangkan rumah sakit juga mempunyai kewajiban jangka pendek yang harus dibayarkan kepada pihak lain. Penagihan klaim BPJS Kesehatan di Semen Padang Hospital harus dilakukan dengan baik, karena selain dapat mempengaruhi tingkat pelayanan kesehatan dan pengadaan fasilitas yang diberikan oleh rumah sakit kepada pasien, juga dapat mempengaruhi loyalitas dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan di Semen Padang Hospital. Berdasarkan penjelasan diatas maka penulis tertarik untuk melakukan kegiatan magang di Semen Padang Hospital, dan melakukan penelitian yang dituangkan dalam bentuk laporan tugas akhir dengan judul “Prosedur Penagihan Klaim BPJS Kesehatan pada Semen Padang Hospital”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Rayna Kartika, SE, M.Com, Ak, CA |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi |
Depositing User: | d3 akuntansi akuntansi |
Date Deposited: | 23 May 2019 15:43 |
Last Modified: | 23 May 2019 15:43 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45648 |
Actions (login required)
View Item |