Nika, Silvia (2018) PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PIUTANG PADA PT.PLN(PERSERO) RAYON KURANJI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER-dikonversi.pdf - Published Version Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I-dikonversi.pdf - Published Version Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V-dikonversi.pdf - Published Version Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version Download (54kB) | Preview |
|
Text (Tugas akhir full text)
TUGAS AKHIR NIKA S-dikonversi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
Abstract
Piutang merupakan unsur yang sangat penting dan memerlukan kebijakan yang baik dari manajemen dan pengelolaannya. selain dapat meningkatkan volume penjualan, piutang juga mengandung suatu risiko bagi perusahaan, yaitu risiko kerugian piutang seperti telatnya pembayaran penerimaan piutang, ini akan berdampak pada penerimaan kas perusahaan yang menjadi rendah dan mengakibatkan kinerja perusahaan yang akan semakin menurun. Namun risiko kerugian piutang tersebut dapat diminimalisasikan dengan cara memaksimalkan penagihan piutang pada perusahaan tersebut. Agar penagihan piutang dapat berjalan dengan wajar, maka diperlukan pengawasan dan penegendalian internal terhadap piutang oleh manajemen untuk memastikan agar penagihan tepat waktu dan meminimalisasikan kerugian piutang tak tertagih serta memelihara hubungan yang memuaskan dengan para pelanggan. Pengendalian Internal piutang adalah salah satu cara yang perusahaan lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan piutang tak tertagih, dengan adanya pengendalian piutang ini diharapkan perusahaan dapat meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan dari piutang tak tertagih tersebut. Disamping itu piutang juga harus dikelola secara efisien, karena menyangkut laba atau tambahan laba dengan biaya yang timbul karena adanya piutang. PT. PLN (Persero)merupakan perusahaan pelayanan jasa yang bergerak dibidang penjualan listrik. Tujuan dari PT.PLN sendiri adalah untuk menyediakan serta melayani kebutuhan dan kepentingan pelanggan akan tenaga listrik. PT.PLN (Persero) memiliki manajemen yang menjalankan aktivitas perusahaan berdasarkan filosofinya yaitu menjadi perusahaan kelas dunia dan mensejahterakan masyarakat. Sumber pendapatan pada PT.PLN (Persero) berasal dari penjualan litrik, Dalam memberikan manfaat listrik untuk kepentingan pelanggan, PT.PLN (Persero) menyajikan 2 dua bentuk penjualan listrik, yaitu listrik prabayar dimana sistemnya dibuat seperti membeli pulsa prabayar telepon genggam agar dapat memudahkan pelanggan mengendalikan pemakaian listrik sendiri dan PT.PLN (Persro) juga menawarkan penjualan listrik pascabayar yang maksudnya adalah jasa pemakaian tenaga listrik yang telah dinikmati oleh pelanggan, pembayarannya baru dilakukan satu bulan kemudian. PT.PLN (Persero) Rayon Kuranji merupakan salah satu Unit Pelayanan yang bertanggung jawab untuk melaksanakan pendistribusian serta pemasaran listrik di wilayah Kuranji. Oleh karena itu, PT.PLN (Persero) Rayon Kuranji memiliki peran yang sangat penting karena merupakan salah satu pintu gerbang pemasukan pendapatan PT.PLN (Persero) dari sektor penjualan tenaga listrik khususnya penjualan kredit yang menghasilkan piutang, hal ini membuat PT.PLN (Persero) harus melakukan pengawasan dan pengendalian piutang yang terjadi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Deny Yohanna, SE, M.Si, Akt |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi |
Depositing User: | d3 akuntansi akuntansi |
Date Deposited: | 24 May 2019 11:28 |
Last Modified: | 24 May 2019 11:28 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45414 |
Actions (login required)
View Item |