ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.Z DENGAN RISIKO JATUH MELALUI PENERAPAN TERAPI CAWTHORNE COOKSEY EXERCISE DI RW 01/RT 03 KELURAHAN KOTO PULAI KECAMATAN KOTO TANGAH TAHUN 2019

Hayatunnupus, Haqiqi (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.Z DENGAN RISIKO JATUH MELALUI PENERAPAN TERAPI CAWTHORNE COOKSEY EXERCISE DI RW 01/RT 03 KELURAHAN KOTO PULAI KECAMATAN KOTO TANGAH TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.docx.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
KTI Hayatunnupus Haqiqi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada lansia akibat dari kemunduran sel-sel tubuh sehingga mengakibatkan fungsi dan daya tahan tubuh menurun. Masalah kesehatan fisik yang banyak sekali terjadi pada lansia salah satunya adalah jatuh. Akibat jatuh yang dialami lansia berdampak ada psikologis sosiologis dan emosional serta akan mengakibatkan cedera fisik, keterbatasan gerak serta kematian. Salah satu intervensi keperawatan untuk meningkatkan keseimbangan pada lansia adalah cawthorne cooksey exercise. Program latihan ini melibatkan pusat keseimbangan yang berada pada otak dan untuk meningkatkan respon keseimbangan sehingga dapat mengurangi jatuh. Tujuan dari laporan ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap lansia dengan risiko jatuh. Laporan ilmiah ini menggunakan metode kasus sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Setelah dilakukan implementasi selama 2 minggu berturut-turut terjadi perbaikan skor risiko jatuh berg balance exercise dari 42 menjadi 49. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan keluarga tentang perawatan klien dengan risiko jatuh, berkurangnya jatuh pada lansia, serta adanya perilaku pecegahan jatuh yang ditunjukkan oleh keluarga maupun klien. Saran dari laporan ini agar keluarga lebih berperan aktif dalam memantau latihan keseimbangan bagi lansia. Kata Kunci : lansia, risiko jatuh, Cawthorne Cooksey Exercise Daftar Pustaka : 40 (2007-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed Mohd
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2019 11:54
Last Modified: 21 May 2019 11:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45056

Actions (login required)

View Item View Item