JEJAK PERKAWINAN LINTAS BUDAYA ETNIS MINANGKABAU DENGAN ETNIS TIONGHO DALAM FILM “JANGAN PANGGIL AKU CINA” DAN NOVEL MENGURAI RINDU KARYA NANG SYAMSUDDIN

Rifki, Kurniawan (2018) JEJAK PERKAWINAN LINTAS BUDAYA ETNIS MINANGKABAU DENGAN ETNIS TIONGHO DALAM FILM “JANGAN PANGGIL AKU CINA” DAN NOVEL MENGURAI RINDU KARYA NANG SYAMSUDDIN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
Skripsi Full-compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul Jejak Perkawinan Lintas Budaya Etnis Minangkabau dengan Etnis Tionghoa dalam Film “Jangan Panggil Aku Cina” dan Novel Mengurai Rindu Karya Nang Syamsuddin” Kajian Intertekstual ini berdasarkan anggapan bahwa karya sastra memiliki hubungan antara satu teks dengan teks lain. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan hubungan-hubungan bermakna di antara dua teks atau lebih. Hubungan yang dimaksudkan tidak semata-mata sebagai persamaan, melainkan juga sebaliknya sebagai pertentangan. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan jejak perkawinan lintas budaya pada film Jangan Panggil Aku Cina dan novel Mengurai Rindu melalui kajian intertekstual. Objek penelitian ini terbagi dua yaitu, objek material dan objek formal. Secara material, sumber dan data dalam penelitian ini film Jangan Panggil Aku Cina yang disutradarai oleh Doddy Djanasdan novel Mengurai Rindu karya Nang Syamsuddin, sedangkan secara formal yang menjadi inti data dalam penelitian ini adalah telaah intertekstual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Jangan PanggilAkuCinadan novel Mengurai Rindu melalui kajian intertekstualme memiliki ke-empat rumusan hipogram dari Pradotokusumo.Keempat rumusan tersebut adalah (1) ekspansi, yang terdapat pada konflik, tokoh, dan keadaan tokoh, (2) konversi terdapat pada pemeran tokoh etnis Minang dan Etnis Tionghoa, status sosial tokoh utama, (3) Modifikasi atau perubahan terdapat pada novel MR tentang penolakan mamak Lela atas calon suaminya, dan cara tokoh utama dalam menghadapi penolakan mamaknya (4) cara tokoh utama dalam menghadapi penolakan mamaknya. Kata Kunci: Film Jangan Panggil Aku Cina, Novel Mengurai Rindu, Intertekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Silvia Rosa, M.Hum
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 24 Jan 2019 16:20
Last Modified: 24 Jan 2019 16:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42629

Actions (login required)

View Item View Item