ANALISIS NILAI TAMBAH DIVERSIFIKASI PRODUK SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) DI PETERNAKAN RANTING AMEH, KENAGARIAN BUKIK BATABUAH

Rizky, Ananda Badri (2019) ANALISIS NILAI TAMBAH DIVERSIFIKASI PRODUK SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) DI PETERNAKAN RANTING AMEH, KENAGARIAN BUKIK BATABUAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

ANALISIS NILAI TAMBAH DIVERSIFIKASI PRODUK SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) DI PETERNAKAN RANTING AMEH, KENAGARIAN BUKIK BATABUAH Rizky Ananda Badri, dibawah bimbingan Winda Sartika, S.Pt, M.Si dan Elfi Rahmi, S.Pt, MP Bagian Pembangunan dan Bisnis Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya nilai tambah yoghurt, susu aneka rasa, dan susu pasteurisasidi Peternakan Ranting Ameh Kecamatan Canduang Bukittinggi Sumatera Barat. Penelitian dilaksanakan di Peternakan kambing perah Ranting Ameh pada bulan April sampai Mei 2018. Responden pada penelitian ini adalah pemilik dan karyawan Peternakan Ranting Ameh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode study kasus dengan analisis data menggunakan metoda Hayami dengan perhitungan satu kali proses produksi. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari hasil wawancara dan data sekunder diperoleh diperoleh dari instansi dan dinas terkait. Nilai tambah yang dihasilkan susu segar menjadi susu pasteurisasi sebesar Rp. 10.491,. dengan rasio nilai tambah sebesar 26,22%. Yoghurt menghasilkan nilai tambah sebesar Rp. 164.709,. dengan rasio nilai tambah 73,20%. dan susu aneka rasamenghasilkan nilai tambah sebesar Rp. 258.210,. dengan rasio nilai tambah 80,69%. Nilai tambah terbesar yaitu pada produk olahan yoghurt, dansusu aneka rasa, sedangkan nilai tambah yang dihasilkan susu pasteurisasi lebih kecil daripada nilai tambah yoghurt, dan susu aneka rasakarena biaya bahan baku lebih besardari sumbangan input lain nya. Kata kunci : Nilai tambah, Yoghurt, Susu aneka rasa, Susu Pasteurisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Winda Sartika, S.Pt, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 23 Jan 2019 14:46
Last Modified: 23 Jan 2019 14:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42297

Actions (login required)

View Item View Item