ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN APLIKASI TEKNIK RELAKSASI BENSON UNTUK PENURUNAN STRES DI RUANG INTERNE PRIA RSUP M. DJAMIL PADANG

Muhammad, Fadhli (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN APLIKASI TEKNIK RELAKSASI BENSON UNTUK PENURUNAN STRES DI RUANG INTERNE PRIA RSUP M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[img] Text (tugas ilmiah akhir utuh)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gagal ginjal kronik saat ini telah menjadi suatu masalah kesehatan publik di seluruh dunia. Penderita gagal ginjal kronik memerlukan renal replacement therapy untuk memperpanjang hidup, salah satunya adalah hemodialisa. Pasien Gagal Ginjl Kronik yang menjalani Hemodialisa sebagian besar mengalami gangguan psikologis berupa stres. Salah satu teknik relaksasi untuk menurunkan stres adalah teknik relaksasi Benson. Manajemen asuhan keperawatan dengan aplikasi teknik relaksasi Benson dapat menimbulkan perasaan rileks dan ketegangan serta rasa nyaman saat mengalami stress berdasarkan Evidance Based Nursing Practice (EBNP).Tujuan penulisan ini memaparkan asuhan keperawatan pada Tn. J dengan gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa dan menurunkan tingkat kecemasan pasien. Prosedur ini dimulai dari pengkajian, analisa data, menetapkan diagnosa keperawatan, menyusun intervensi, melakukan implementasi dan evaluasi. Berdasarkan pengkajian ditemukan masalah keperawatan kelebihan volume cairan, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan dan ansietas. Hasil implementasi teknik relaksasi benson selama 10 hari didapatkan penurunan nilai/skor stres dengan menggunakan kuesioner DASS 21. Hasil pelaksanaan didapatkan bahwa teknik relaksasi benson dapat menurunkan tingkat stres pasien gagal ginjal yang menjalani hemodialisa. Kata Kunci : Gagal Ginjal Kronik, Hemodialisa, Teknik Relaksasi Benson, Stres Referensi : 55 (2000 – 2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti,S.Kp,M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jan 2019 09:59
Last Modified: 21 Jan 2019 09:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41607

Actions (login required)

View Item View Item