PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG INHIBITOR DAN ENHANCER ZAT BESI DALAM PENCEGAHAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMK NEGERI 3 PADANG

Stevani, Awanda (2018) PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG INHIBITOR DAN ENHANCER ZAT BESI DALAM PENCEGAHAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMK NEGERI 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover & ABSTRAK wanda.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan wanda.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup wanda.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka wanda.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fulltext wanda watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Remaja putri berisiko sepuluh kali lebih besar menderita anemia dibandingkan remaja putra dikarenakan menstruasi setiap bulannya dan dalam masa pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media booklet terhadap pengetahuan dan sikap tentang inhibitor dan enhancer zat besi dalam pencegahan anemia pada remaja putri di SMK Negeri 3 Padang. Metode Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksprimen dengan rancangan pre-test post test with control group. Total sampel sebanyak 80 orang remaja putri kelas XII. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data pengetahuan dan sikap diperoleh melalui pengisian kuesioner pretest dan posttest. Uji statistik menggunakan paired t-test dan independent t-test. Hasil Rerata skor pengetahuan pada kelompok intervensi meningkat sebanyak 5,02 poin, sedangkan untuk kelompok kontrol 0,52 poin. Rerata skor sikap kelompok intervensi meningkat sebanyak 1,7 poin, sedangkan kelompok kontrol menurun sebanyak 1,25 poin. Terdapat perbedaan skor rerata pengetahuan pada kelompok intervensi (p=0,000) dan pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p=0,057). Tidak terdapat perbedaan skor rerata sikap pada kelompok intervensi (p=0,072) dan kelompok kontrol (p=0,055). Terdapat perbedaan perubahan pengetahuan(p=0,000), dan sikap (p=0,010) antara kelompok intervensi dan kontrol . Kesimpulan Terdapat perbedaan skor rerata pengetahuan pada remaja putri. Tidak terdapat perbedaan skor rerata sikap yang signifikan pada remaja putri. Terdapat perbedaan perubahan pengetahuan dan sikap antara kelompok intervensi dan kontrol. Disarankan agar pihak sekolah bekerjasama dengan puskesmas setempat melalui Unit Kesehatan Sekolah untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan siswi tentang inhibitor dan enhancer zat besi dalam pencegahan anemia. Daftar Pustaka : 51 (2002 – 2017) Kata Kunci : Booklet, Anemia, Inhibitor, Enhancer, Penyuluhan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Helmizar, SKM, M. Biomed
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 26 Oct 2018 16:19
Last Modified: 26 Oct 2018 16:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40128

Actions (login required)

View Item View Item