Stevani, Awanda (2018) PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG INHIBITOR DAN ENHANCER ZAT BESI DALAM PENCEGAHAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMK NEGERI 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover & Abstrak)
Cover & ABSTRAK wanda.pdf - Published Version Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan wanda.pdf - Published Version Download (346kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup wanda.pdf - Published Version Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka wanda.pdf - Published Version Download (155kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
skripsi fulltext wanda watermark.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan Remaja putri berisiko sepuluh kali lebih besar menderita anemia dibandingkan remaja putra dikarenakan menstruasi setiap bulannya dan dalam masa pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media booklet terhadap pengetahuan dan sikap tentang inhibitor dan enhancer zat besi dalam pencegahan anemia pada remaja putri di SMK Negeri 3 Padang. Metode Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksprimen dengan rancangan pre-test post test with control group. Total sampel sebanyak 80 orang remaja putri kelas XII. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data pengetahuan dan sikap diperoleh melalui pengisian kuesioner pretest dan posttest. Uji statistik menggunakan paired t-test dan independent t-test. Hasil Rerata skor pengetahuan pada kelompok intervensi meningkat sebanyak 5,02 poin, sedangkan untuk kelompok kontrol 0,52 poin. Rerata skor sikap kelompok intervensi meningkat sebanyak 1,7 poin, sedangkan kelompok kontrol menurun sebanyak 1,25 poin. Terdapat perbedaan skor rerata pengetahuan pada kelompok intervensi (p=0,000) dan pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p=0,057). Tidak terdapat perbedaan skor rerata sikap pada kelompok intervensi (p=0,072) dan kelompok kontrol (p=0,055). Terdapat perbedaan perubahan pengetahuan(p=0,000), dan sikap (p=0,010) antara kelompok intervensi dan kontrol . Kesimpulan Terdapat perbedaan skor rerata pengetahuan pada remaja putri. Tidak terdapat perbedaan skor rerata sikap yang signifikan pada remaja putri. Terdapat perbedaan perubahan pengetahuan dan sikap antara kelompok intervensi dan kontrol. Disarankan agar pihak sekolah bekerjasama dengan puskesmas setempat melalui Unit Kesehatan Sekolah untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan siswi tentang inhibitor dan enhancer zat besi dalam pencegahan anemia. Daftar Pustaka : 51 (2002 – 2017) Kata Kunci : Booklet, Anemia, Inhibitor, Enhancer, Penyuluhan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Helmizar, SKM, M. Biomed |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 gizi gizi |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 16:19 |
Last Modified: | 26 Oct 2018 16:19 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40128 |
Actions (login required)
View Item |