HUBUNGAN UANG JAJAN, PERILAKU DIET, DAN KEBIASAAN KONSUMSI TEH DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 1 PAYAKUMBUH TAHUN 2017 (ANALISIS DATA SEKUNDER)

DINA, QORINA (2018) HUBUNGAN UANG JAJAN, PERILAKU DIET, DAN KEBIASAAN KONSUMSI TEH DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 1 PAYAKUMBUH TAHUN 2017 (ANALISIS DATA SEKUNDER). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Akhir)
3. BAB 6.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
5. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian Di Indonesia terdapat empat masalah kesehatan terbesar yaitu salah satunya adalah Anemia Defisiensi Zat Besi. Kelompok yang beresiko tinggi terkena anemia adalah wanita usia subur seperti remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan uang jajan, perilaku diet, dan kebiasaan konsumsi teh dengan kejadian anemia pada remaja putri di SMAN 1 Payakumbuh pada tahun 2017. Metode Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja putri kelas X dan XI SMAN 1 Payakumbuh yang dipilih dengan simple random sampling sebanyak 80 siswi. Pengumpulan data menggunakan data sekunder dari penelitian dosen kerjasama Kementerian Kesehatan dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas tahun 2017. Data dianalisa menggunakan uji chi-square dengan derajat kepercayaan 95% (=0.05). Hasil Sebagian kecil remaja putri mengalami anemia (23.8%). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara uang jajan (p=0.616), dan perilaku diet (p= 0.689) dengan kejadian anemia pada remaja putri di SMA Negeri 1 Payakumbuh tahun 2017. Dan terdapat hubungan yang bermakna antara kebiasaan konsumsi teh dengan kejadian anemia (p= 0.000). Remaja putri yang memiliki kebiasaan konsumsi teh yang buruk mempunyai peluang 10 kali beresiko terkena anemia dibandingkan dengan remaja putri yang memiliki kebiasaan konsumsi teh yang baik (OR= 10.338). Kesimpulan Diketahui kebiasaan minum teh yang buruk memiliki hubungan yang bermakna dengan kejadian anemia. Diharapkan remaja putri dapat meningkatkan pengetahuannya tentang anemia, perilaku diet dan kebiasaan konsumsi teh yang baik untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko anemia pada remaja putri itu sendiri. Daftar Pustaka : 46 (1983-2016) Kata Kunci : anemia, remaja putri, uang jajan, perilaku diet, kebiasaan konsumsi teh

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Denas Symond, MCN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 17 Oct 2018 11:50
Last Modified: 17 Oct 2018 11:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38696

Actions (login required)

View Item View Item