ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA TN. U DENGAN PENERAPAN TERAPI SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) PADA KASUS INSOMNIA DI RT IV RW II KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018

Faradina, Haniarahmah (2018) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA TN. U DENGAN PENERAPAN TERAPI SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) PADA KASUS INSOMNIA DI RT IV RW II KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Lansia merupakan tahap akhir perkembangan. Penurunan fungsi fisiologis yang paling sering dialami oleh lansia adalah penurunan kebutuhan istirahat dan tidur. Perubahan pola tidur yang terjadi selama proses penuaan. Gangguan pola tidur yang paling sering terjadi pada lansia adalah insomnia. Pada pasien kelolaan didapatkan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga dalam perawatan lansia dengan gangguan pola tidur (insomnia) sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Salah satu terapi komplementer yang dapat dipelajari dan direkomendasi oleh perawat komunitas untuk gangguan tidur adalah terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT). Terapi SEFT termasuk teknik relaksasi yang merupakan salah satu bentuk mind-body therapy dari terapi komplementer dan alternatif dalam keperawatan. Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan keluarga tentang perawatan insomnia serta bertambahnya kualitas tidur lansia dengan di buktinya peningkatan hasil PSQI dari 16 ke 9. Berdasarkan hasil yang dilakukan, diharapkan terapi SEFT menjadi penatalaksanaan non-farmakologi untuk permasalahan insomnia. Kata Kunci : Lansia, Insomnia, Spiritual Emotional Freedom Technique Daftar Pustaka : 34 (1999-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M. Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:23
Last Modified: 18 Oct 2018 17:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38486

Actions (login required)

View Item View Item