Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia Tn. H Dengan Penerapan Terapi Zikir Pada Lansia Dengan Kasus Insomnia Di RW II RT IV Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara Tahun 2018

Alya, Syafkoriana (2018) Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia Tn. H Dengan Penerapan Terapi Zikir Pada Lansia Dengan Kasus Insomnia Di RW II RT IV Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara Tahun 2018. Alya Syafkoriana. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT ALYA)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS September 2018 Nama : Alya Syafkoriana, S.Kep BP : 1741313016 Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia Tn. H Dengan Penerapan Terapi Zikir Pada Lansia Dengan Kasus Insomnia Di RW II RT IV Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara Tahun 2018 ABSTRAK Proses menua lansia mempengaruhi berbagai aspek kehidupan yaitu sosial, ekonomi dan terutama kesehatan karena semakin bertambahnya usia seseorang maka fungsi organ tubuh juga semakin menurun. Salah satu perubahan lansia adalah perubahan pola tidur. Banyaknya persoalan lanjut usia seiring dengan meningkatnya jumlah lansia di Indonesia mengakibatkan munculnya beberapa fenomena seperti perubahan strukural dan fisiologis salah satunya kesulitan untuk tidur atau insomnia. Pada pasien kelolaan didapatkan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga dalam perawatan lansia dengan insomnia sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Salah satu terapi non-farmakologi yang dapat diterapkan untuk menurunkan insomnia pada lansia adalah Terapi Zikir. Masalah keperawatan yang ditemukan pada pasien kelolaan yaitu Gangguan Pola Tidur pada Tn. H di RW II RT IV Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara. Tujuan dari Laporan ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap pasien dengan kasus insomnia serta mampu menerapkan manajemen kasus pada lansia di komunitas. Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi peningkatan pengetahuan pada keluarga tentang perawatan insomnia serta bertambahnya kualitas tidur lansia dengan di dapatkan peningkatan hasil skor PSQI dari 13 ke 8. Saran dari laporan ini adalah agar petugas kesehatan dapat lebih mengoptimalkan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan pada lansia yang berada di wilayah kerjanya. Kata Kunci : Gangguan Pola Tidur, Lansia, Terapi Zikir Daftar Pustaka : 30 (2000-2018)

Item Type: Other
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:25
Last Modified: 18 Oct 2018 17:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38378

Actions (login required)

View Item View Item