HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT, POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DM TIPE 2 DI POLIKLINIK RS ISLAM IBNU SINA PADANG TAHUN 2018

Hesty, Putri Ramadhani (2018) HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT, POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DM TIPE 2 DI POLIKLINIK RS ISLAM IBNU SINA PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak cover.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Menurut Riskesdas penderita diabetes mellitus (DM) di indonesia cenderung meningkat dari 1,1% sampai dengan 2,1%. Di Sumatera Barat terletak pada urutan ke 13 dengan prevalensi 1,3 %. Pola makan yang salah juga menyebabkan kenaikan kadar gula darah pada pasien diabetes. Berdasarkan PERKENI (2006) terdapat 4 pilar penatalaksanaan DM, dua di antaranya aktivitas fisik dan kepatuhan menjalani terapi farmakologis (kepatuhan minum obat). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepatuhan minum obat,pola makan dan aktifitas fisik dengan kadar gula darah pada pasien DM Tipe 2 di RS Islam Ibnu Sina Padang. Metode Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study di Poliklinik RS Islam Ibnu Sina Padang Tahun 2018. Jumlah responden adalah 80 orang. Pengambilan data primer dengan cara wawancara dan pengukuran, data sekunder didapatkan dari bagian kepegawaian. Pengolahan data dengan cara analisis univariat dan bivariat. Hubungan antara variabel independen dan variabel dependen dianalisis menggunakan SPSS dengan uji chi square. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kepatuhan minum obat dengan kadar GDP (p=0.000) atau p<0.05. Selain itu, pola makan juga memiliki hubungan yang bermakna dengan kadar GDP (p=0.009) atau p<0.05 dan aktivitas fisik dinyatakan tidak berhubungan dengan kadar GDP (p=0.579) atau p>0.05. Kesimpulan Adanya hubungan antara kepatuhan minum obat dengan GDP, adanya hubungan antara pola makan dengan GDP dan tidak ada hubungan antara aktivitas fisik dengan GDP. Daftar Pustaka : 34 (1996-2017) Kata Kunci : Kepatuhan minum obat, pola makan, aktivitas fisik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. ZULKARNAIN AGUS, MPH, MSc,Sp.GK
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 21 Aug 2018 14:17
Last Modified: 21 Aug 2018 14:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37723

Actions (login required)

View Item View Item