Hubungan Sarapan Pagi dan Status Gizi dengan Prestasi Belajar pada Siswa SDN 27 Kampung Jua Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Tahun 2018

Nike, Andriani (2018) Hubungan Sarapan Pagi dan Status Gizi dengan Prestasi Belajar pada Siswa SDN 27 Kampung Jua Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang Tahun 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas perlu dipersiapkan sejak dini, prestasi belajar dan status gizi adalah salah satu indikator untuk melihat SDM yang berkualitas. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui hubungan sarapan pagi dan status gizi dengan prestasi belajar pada siswa SDN 27 Kampung Jua Kecamatan lubuk begalung Kota Padang tahun 2018. Metode Jenis Penelitian kuantitatif dengan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 65 orang siswa SDN 27 Kampung Jua Kota Padang yang terbagi dari kelas IV, V dan VI. Teknik pengambilan sampel adalah simpel random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, pengukuran berat badan dan tinggi badan, dan prestasi belajar dari nilai rata rata rapor. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan Uji Chi-Square pada derajat kepercayaan 95%. Hasil Hasil penelitian menunjukkan responden memiliki prestasi belajar baik (50,8%), responden memiliki status gizi kurus (63,1%), dan sebagian besar responden tidak biasa sarapan pagi (63,1%). Hasil bivariat menunjukkan variabel yang berhubungan dengan prestasi belajar adalah status gizi (p=0,027) dengan OR =3,795. Kesimpulan Status gizi berperan penting terhadap prestasi belajar siswa SDN 27 Kampung Jua Kota Padang. Diharapkan pihak sekolah untuk lebih meningkatkan upaya promotif kepada siswa mengenai masalah sarapan pagi dan status gizi. Untuk itu perlu dilakukan penyuluhan atau pemberian edukasi kepada siswa. Daftar Pustaka : 48 (1990-2017) Kata Kunci : Prestasi Belajar, Status Gizi, Sarapan Pagi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Denas Symond, MCN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 23 Jul 2018 10:31
Last Modified: 23 Jul 2018 10:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35489

Actions (login required)

View Item View Item