Vanechia, Septi Johani (2017) HUBUNGAN HARGA DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMKN 8 PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (Bab V Kesimpulan)
3. BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (279kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kasus perilaku bullying meningkat pada siswa di sekolah setiap tahunnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku bullying yaitu harga diri. Siswa yang melakukan perilaku bullying memiliki harga diri rendah baik sebagai pelaku atau korban. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 11 September 2017 di SMKN 8 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dan arah kekuatan harga diri dengan perilaku bullying pada siswa SMKN 8 Padang tahun 2017. Jenis penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sampel penelitian ini yaitu 305 siswa SMKN 8 Padang yang diambil dengan Accidental Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih setengah responden memiliki harga diri rendah 53,4% dengan rata-rata pelaku dan korban yaitu 32,49 dan 29,32. Terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri dengan perilaku bullying sebagai pelaku (p=0,000 dan r=-0,433) dan perilaku bullying sebagai korban (p=0,000 dan r=-0,426). Pihak sekolah diharapkan bekerjasama dengan dinas kesehatan membentuk konseling teman sebaya yang dapat meningkatkan harga diri anak dan mengurangi perilaku bullying.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | NS. RIKA SARFIKA, M.KEP |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 12:08 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 12:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30287 |
Actions (login required)
View Item |