KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF ANAK DENGAN AUTISM

Husni, wati (2017) KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF ANAK DENGAN AUTISM. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I (pendahuluan))
2.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V (penutup))
3.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bahasa merupakan media utama dalam komunikasi. Dua aspek utama bahasa yaitu kemampuan bahasa reseptif dan kemampuan bahasa ekspresif. Dua kemampuan ini dibutuhkan anak dalam berkomunikasi sehingga ketika ada masalah dengan salah satu atau bahkan keduanya anak akan terkendala dalam berkomunikasi dengan orang lain. Sebagaimana yang ditunjukan pada penelitian sebelum-sebelumnya, hambatan pada kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak dengan autism menimbulkan kesulitan dalam berkomunikasi. Namun tidak semua anak dengan autism yang mengalami hambatan bahasa reseptif dan ekspresif mengalami kesulitan dalam berkomunikasi karena anak dengan autism memiliki rentang kemampuan bahasa yang berbeda-beda. Sebagaimana fenomena yang ditemui peneliti, subjek dalam penelitian ini memiliki kemampuan komunikasi yang cukup baik dapat berkomunikasi dua arah meskipun juga memiliki hambatan pada bahasa reseptif dan ekspresif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak dengan autism dalam berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang meneliti tentang kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif subjek secara mendalam dan memahami kasus secara spesifik. Adapun teknik pengumpuan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan subjek dapat menggunakan kemampuan berbahasa reseptif dan ekspresif untuk tujuan komunikasi. Subjek dapat menyimak, membaca, berbicara dan menulis, meskipun masih ada beberapa hambatan dalam bahasa reseptif dan ekspresif akibat hambatan kognitif dan motorik. Perkembangan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif subjek didukung oleh terapi yang dijalani serta dukungan dari orang tua subjek. . Kata kunci: anak dengan autism, bahasa reseptif, bahasa ekspresif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Diny Amenike, M.Psi., Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 27 Jul 2017 15:22
Last Modified: 27 Jul 2017 15:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28227

Actions (login required)

View Item View Item