FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA TATANAN RUMAH TANGGA PERMUKIMAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG

Ringga, Rahmi Prima (2017) FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA TATANAN RUMAH TANGGA PERMUKIMAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I .pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS RINGGA RAHMI PRIMA .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PHBS adalah kumpulan perilaku yang menjadikan keluarga berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor dominan yang berpengaruh terhadap PHBS pada permukiman di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang. Penelitian menggunakan desain mixed method dengan jenis sequential eksplanatory. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2016 – Januari 2017. Sampel terdiri dari 99 rumah tangga dengan menggunakan teknik cluster sampling. Data kuantitatif diolah menggunakan analisis regresi logistic pada SPSS dengan 95% CI (α = 0,05). Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan teknik analisis konten. Hasil statistic menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi PHBS adalah pengetahuan ( p value = 0,021), sikap (p value = 0,022) dan sanitasi dasar (p value = 0,007). Faktor dominan yang mempengaruhi penerapan PHBS adalah sanitasi dasar. Sanitasi dasar rumah tangga yang memenuhi syarat akan meningkatkan penerapan PHBS sebesar 5,8 kali. Hasil penelitian kualitatif menjelaskan bahwa masyarakat yang tidak menerapkan PHBS cenderung tidak mau memenuhi sanitasi dasar rumah tangga .Diharapkan kepada Pihak Puskesmas agar meningkatkan ketersediaan sanitasi masyarakat, agar sanitasi dasar rumah tangga menjadi memenuhi syarat. Salah satunya dengan menjalin kerjasama lintas sektor dalam pemenuhan sanitasi dasar, seperti pemenuhan kebutuhan air bersih, penambahan jumlah jamban sehat serta pengelolaan tempat sampah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Pembangunan Perumahan
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:07
Last Modified: 27 Apr 2017 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24923

Actions (login required)

View Item View Item