EFEKTIVITAS MEDIA POP-UP CARD TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK USIA 8-9 TAHUN

RIZKI, DWI LESTARI (2017) EFEKTIVITAS MEDIA POP-UP CARD TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK USIA 8-9 TAHUN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
7. BAB 1.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
13. BAB 7.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
PDF FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Latar Belakang :Karies gigi merupakan permasalahan gigi yang sering timbul pada anak-anak. Penyebab timbulnya masalah kesehatan gigi dan mulut salah satunya adalah faktor perilaku atau sikap mengabaikan kesehatan gigi dan mulut. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut, khususnya pada anak-anak. Media pembelajaran yang menarik dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut. Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media Pop-Up Card terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak usia 8-9 tahun. Metode : Penelitian ini menggunakan metode non equivalent control group design. Dilakukan pre test, perlakuan dan post test. Pengambilan sampel secara acak dan sederhana, kemudian di bagi dalam dua kelompok, 23 orang siswa kelas III SDN 23 Jati Gaung Kota Padang dimasukkan kedalam kelompok eksperimen. Kelompok ini diberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan media Pop-Up Card dan 23 orang lainnya dimasukkan ke dalam kelompok kontrol yang diberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut tanpa media Pop-Up Card. Analisis data menggunakan uji McNemar. Hasil : Hasil uji statistik menggunakan uji McNemar menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan yang signifikan. Media Pop-Up Card efektif terhadap peningkatan pengetahuan kelompok eksperimen dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Kesimpulan : Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Card efektif untuk meningkatkan pengetahuan anak usia 8-9 tahun. Kata kunci : Anak, Media Pop-Up, Pengetahuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Nuzulia Irawati, MS
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:09
Last Modified: 17 Apr 2017 02:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23919

Actions (login required)

View Item View Item