Tri, Hikmahdi Putra (2016) WARUNG KOPI SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN SUMBER INFORMASI BAGI PROFESI WARTAWAN DI KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstark.pdf - Published Version Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I ( Pendahuluan ))
2. BAB I ( pendahuluan).pdf - Published Version Download (273kB) | Preview |
|
|
Text (BAB Akhir ( Penutup dan Kesimpulan ))
3. BAB Akhir ( Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (281kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh (cover-lampiran).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Warung Kopi Sebagai Sarana Komunikasi dan Sumber Informasi Bagi Profesi Wartawan di Kota Padang ”, Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan pendekatan fenomena empiris mengenai warung kopi bagi profesi wartawan di Warung Kopi Kubik Coffe, Warug Kopi KPU dan Warung Kopi Tan Malaka yang berada di Kota Padang. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui motif-motif yang melatarbelakangi keberadaan wartawan di warung kopi, mengetahui fungsi dan peran wartawan dalam menjalankan tugas di warung kopi , dan mengetahui makna dan peran warung kopi sebagai sarana profesi wartawan. Teori-teori yang digunakan sebagai pedoman dalam penelitian ini adalah Konstruksi Sosial, Fenomenologi, Sosial, Komunikasi Antar Pribadi, Fakta, Media Massa, Berita, Wartawan dan Khalayak dilihat dari Paradigma Konstruksionis serta Profesionalisme Wartawan. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah sebanyak sepuluh orang wartawan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam, observasi langsung dan studi dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan kategorisasi reduksi data, menarasikan data, interpretasi data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warung kopi sebagai realitas sosial dengan berbagai fasilitas yang disediakan di warung kopi dimaknai sebagai sarana komunikasi dan sumber informasi bagi profesi wartawan di kota padang. Keberadaan warung kopi sebagai ruang publik kini telah menjadikan para wartawan mendapatkan informasi yang banyak dan lebih akurat. Warung kopi sebagai ruang publik bagi wartawan dapat berfungsi sebagai ajang pertemuan dari masyarakat tingkat bawah maupun tingkat atas. Warung kopi sebagai ruang publik dikota padang pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk memenuhi kebutuhan ruang publik yang moderen. Warung kopi tidak hanya sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan akan konsumsi kopi, bersantai, mencari hiburan dan melepas lelah, namun telah menjadi ruang publik yang dapat membuka peluang bagi masyarakat untuk mendiskusikan permasalahan sosial kemasyarakatan secara bebas dan terbuka di warung kopi. Kata Kunci : Wartawan, Warung Kopi, Sarana Komunikasi, Sumber Informasi Free Wi-Fi, ruang publik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 06:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 06:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22103 |
Actions (login required)
View Item |