PENGARUH DEMONSTRASI DAN PENDAMPINGAN MENYUSUI TERHADAP KEMAMPUAN IBU DALAM MENYUSUI DI RUANG KEBIDANAN RSUD DR. RASIDIN PADANG

Nanda, Wila Lestari (2017) PENGARUH DEMONSTRASI DAN PENDAMPINGAN MENYUSUI TERHADAP KEMAMPUAN IBU DALAM MENYUSUI DI RUANG KEBIDANAN RSUD DR. RASIDIN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
3. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS DESEMBER 2016 Nama : Nanda Wilda Lestari BP :1511316041 Pengaruh Demonstrasi dan Pendampingan Menyusui terhadap Kemampuan Ibu dalam Menyusui di Ruang Kebidanan RSUD dr. Rasidin Padang ABSTRAK Prevalensi ASI eksklusif secara global masih rendah menyebabkan AKB meningkat dikarenakan oleh kekurangan gizi pada bayi. Hal ini terjadi karena ibu belum mengetahui secara benar teknik menyusui dan belum pernah mendapatkan pendidikan kesehatan tentang cara menyusui yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demonstrasi dan pendampingan menyusui terhadap kemampuan ibu dalam menyusui di Ruang Kebidanan RSUD dr. Rasidin Padang. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis kuantitatif, desain quasi eksperiment dengan pendekatan pre and post test. Sampel berjumlah 20orang ibu yang menyusui, diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian dengan menggunakan uji paired t-test diketahui rata-rata kemampuan ibu menyusui sebelum dilakukan demonstrasi dan pendampingan menyusui adalah 11,9 dengan skor maksimal 15 dan skor minimal 9. Rata-rata kemampuan ibu menyusui sesudah dilakukan demonstrasi dan pendampingan menyusui adalah 17,05 dengan skor maksimal 21 dan skor minimal 13. Selisih peningkatan yang terjadi adalah 5,150. Ada pengaruh pengaruh demonstrasi dan pendampingan menyusui terhadap kemampuan ibu dalam menyusuidi Ruang Kebidanan RSUD dr. Rasidin Padang dengan (p value 0,000).Diharapkan perawat dapat memaksimalkan perannya dalam memberikan pendidikan kesehatan terkait demonstrasi dan pendampingan menyusui pada ibu. Kata kunci :demonstrasi, ibu, kemampuan, menuyusui, pendampingan Daftar pustaka :83 (2005-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:03
Last Modified: 30 Jan 2017 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22039

Actions (login required)

View Item View Item