Sri, Mailani (2023) MAKNA GERAKAN ULU AMBEK DALAM PERMAINAN ANAK NAGARI DI KORONG KABUN NAGARI SUNUA, KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (116kB) |
|
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (209kB) |
|
Text (Penutup/Kesimpulan)
BAB IV Penutup.pdf - Published Version Download (137kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (124kB) |
|
Text (Skripsi full text)
full tex.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Makna Gerakan Ulu Ambek di Korong Kabun Nagari Sunua Kabupaten Padang Pariaman. Di mana penelitian ini penulis menggunakan teori semiotika yang dikemukakan oleh Peirce yang menyatakan bahwa tanda dapat dibagi dalam tiga bagian yaitu; tanda, petanda dan penanda. Pada penelitian ini Ulu Ambek adalah sebuah tanda, dan jenis gerak Ulu Ambek tersebut adalah petanda dan makna yang terkandung dalam gerak Ulu Ambek tersebut merupakan sebuah penanda. Dalam mengumpulkan data, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik melakukan studi lapangan yang dibantu dengan studi kepustakaan dengan langkah sebagai berikut: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Pencatatan. Ulu Ambek dalam Permainan Anak Nagari di Korong Kabun Nagari Sunur Kabupaten Padang Pariaman ini memiliki beberapa jenis gerak berdasarkan sejarah Ulu Ambek dan masing-masing dari jenis gerak Ulu Ambek tersebut memiliki makna tersendiri. Adapun jenis-jenis gerak tersebut yaitu; Salam, Tari di tempat dan Lalu jo maambek
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Pramono, M.Si., Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Ulu Ambek, Semiotika, Gerak dan Makna |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah |
Depositing User: | s1 sastra minang |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 06:50 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 06:50 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216522 |
Actions (login required)
View Item |